Pesona The Lodge Maribaya Lembang Bandung - jejakusaja -->

Pesona The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Logo Thelodge
www.thelodgemaribaya.com
The Lodge Maribaya Lembang, Bandung - Konsep wisata terpadu adventure park and resort dengan pesona alam yang asri, sejuk, dan view yang indah, dengan menciptakan beberapa sensani wahana unik dan menarik patut untuk dicoba bahkan menjadi salah satu iconic yang cukup instagramable di beberapa media social, membuat tempat ini selalu padat tidak pernah sepi untuk dikunjungi, dan ternyata banyak hal yang menjadi pesona dari tempat ini. Hmmm… penasaran tempat apakah ini ? Let’s check it out guys….

Menurut pemiliknya Ibu Heni Nurhaeni Smith, tempat ini bukanlah destinasi wisata yang baru, karena tempat ini sudah berdiri dan beroperasi sekitar tahun 2005 berada pada ketinggian 2.090 Mdpl, dengan luas kawasan sekitar > 4 hektar. Sebelumnya lokasi ini lebih dikenal dengan The Lodge Earthbound & Adventure Park, yang pada awalnya hanya mengakomodasi kegiatan outbound dan berkemah saja. Namun seiring waktu, barulah pada tahun 2016, The Lodge Maribaya meningkatkan pariwisata kreatifnya melalui berbagai fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh para pecinta kegiatan outdoor seperti sekarang ini. Perlu sahabat ketahui The Lodge Maribaya ternyata tidak pernah puas untuk memberikan yang terbaik kepada para pengunjungnya dengan selalu mencoba untuk menciptakan suasana dan wahana yang baru dengan diimbangi peningkatan kualitas pelayanan melalui sumber daya manusia yang berkualitas.

Okay sahabat, jadi hari ini saya akan mencoba review tempat wisata terpadu unik ini, yang berada di didaerah Lembang Bandung yang cukup favorit dan instagramable, ini mungkin bisa dijadikan salah satu referensi destinasi wisata sahabat semua saat berkunjung ke kota Bandung.


Pesona The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Lembang merupakan salah satu destinasi wisata terpadu yang berkonsep adventure park alam bebas nuansa pegunungan dengan view yang asri pepohonan dari hutan pinus alami yang menjulang tinggi, udara pegunungan yang sejuk dan segar, pemandangan yang indah nan luas memanjakan mata, tampak sejenak membuat jiwa dan raga melepas sesak dan penat. Yah, sahabat sedikit santai meski bukan dipantai 😎. Medannya cukup turun naik dengan tanah datar (kurang pas untuk difabel dan anak-anak usia <5tahun) kalopun bisa jelas butuh extra pengawasan. Lahan parkir kendaraan cukup luas, namun demikian tempatnya yang cukup hits ini sering kali sulit untuk menampung kendaraan namun disekitaran sahabat masih bisa mendapat lahan parkir hanya saja sahabat harus berjalan lumayan jauh sekitar 200m 😓.

Kaya spot foto instagramable, sahabat yang suka selfie/ wifie disini tempatnya yang memiliki beberapa tempat spot foto yang cukup instagramable untuk sahabat upload di media sosial. Seluruh kegiatan/ aktivitas dari The Lodge Maribaya ini dilakukan dialam terbuka (outdoor activity), banyak hal yang menarik yang bisa sahabat lakukan bersama keluarga, sahabat, teman kantor atau bahkan gebetan lakukan disini.

Berikut beberapa pesona dari The Logde Maribaya yang menjadi alasan kenapa sahabat wajib mengunjungi tempat ini saat berkunjung ke Bandung.


1. Konsep Wisata Alam "Escape To Nature"

Bertajuk “Escape To Nature”, tempat ini menawarkan sebuah konsep adventure park alam bebas. Seluruh kegiatan/ aktivitas dilakukan dialam terbuka (outdoor activity). Menciptakan kebersamaan dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan membuat moment tersebut pas untuk diabadikan dan tak terlupakan. Mencoba escape dari hiruk pikuk jadwal kegiatan yang melelahkan. Bila sehari-hari kita terbiasa dengan rutinitas dan sibuk dengan gadget masing-masing, maka tidak ada salahnya untuk meluangkan akhir pekan dengan menghabiskan waktu bersama di alam terbuka.

2. Wisata Kuliner

Setelah berkeliling sahabat lapar atau haus, ga usah panik 😆 di tempat ini sahabat bisa dengan mudah menemukan area untuk kuliner yang cukup menarik dan menggugah rasa. Terdapat 3 jenis tempat kuliner ditempat ini, yaitu Omah Bamboo Restaurant, The Pines Café dan Food Stal. Untuk harga bervariatif kisaran 10 ribu sampai dengan 75 ribu/ menu.

  • Omah Bamboo Restaurant
Tidak dipungkuri kuliner nusantara selalu memiliki dan menjadi daya tarik tersendiri, bak memiliki sebuah magnet yang daya tariknya selalu saja diminati oleh semua orang. Tak terkecuali salah satu fasilitas resto Omah Bamboo di The Lodge Maribaya Lembang Bandung ini, yang menghadirkan khasanah kuliner Sunda yang dijamin memiliki cita rasa yang lezat. Terlebih dinikmati disuasana yang indah dengan pemandangan pohon pinus dan udara yang sejuk nan segar, dijamin membuat pengalaman liburan kali ini semakin mantap dan seru.

Restaurant ini diberi nama Omah Bamboo karena desain interiornya dipenuhi dengan ornamen yang terbuat dari bambu. Kamu bisa memilih 2 area outdoor atau indoor untuk menikmati sajian makanan dari restaurant Omah Bamboo dengan pemandangan hutan pinus dan keindahan sunset pada sore hari membuat resto ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Untuk menunya sendiri Omah Bamboo menawarkan makanan prasmanan sunda. Manu favorite di Omah Bamboo adalah es Mojang dan es Kacang Merah untuk makanan nya Ikan Patin Bakar.

omah bamboo the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com
  • The Pines Cafe
Nikmati secangkir kopi premium serta aneka menu western dengan hamparan barisan hutan pinus dan Sky Tree dihadapan Anda. Bersiap untuk terhanyut dalam suasana. Cafe yang beroperasi dari jam 09.00 WIB - 16.30 WIB memiliki menu makanan dan minuman yang cukup variatif dengan range harga antara Rp.10.000 s/d Rp.65.000. Nikmati menu favorite makanan Beef Rice Bowl dan minuman Blood Dragon jika sahabat berkunjung ketempat ini.

the pines cafe the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com
  • Food Stall
Jajanan tradisional disekitar area cenderung makanan ringan seperti roti bakar, seblak, kopi, batagor, bubur kacang, kerupuk banjur, cireng dll.

food stall the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

3. Konsep Wisata Edukasi

The Lodge Maribaya menggelar Pertunjukan Sendratari Tatar Sunda dimana mengangkat Sendratari Sangkuriang untuk pertama kalinya. Sendratari tersebut dimainkan oleh anak-anak Desa Cibodas, diiringi musik khas Jawa Barat yang juga dimainkan oleh anak-anak setempat. Rencananya, Sendratari Ramayana tersebut akan dibuat rutin dua kali dalam satu bulan. Sendratari akan digelar tiap Sabtu dengan harga tiket Rp 200.000 termasuk tiket masuk, camilan, makan malam, pertunjukan yang berlatar matahari tenggelam. Pertunjukan ini dibuat sebagai salah satu bentuk pelestarian akan budaya Indonesia.

4. Konsep Wisata Belanja

Saya melihat tidak banyak memang wisata belanja di dalam kawasan terpadu The Lodge Maribaya ini, mungkin hanya ada sekitar 1 toko yang menjual beberapa cendramata dari tempat ini dengan harga yang beragam berkisar 25 - 100 ribu itupun lokasinya didekat pintu keluar, beberapa aksesoris yang dijual juga tidak ada yang aneh atau unik seperti topi, baju, gelas mug dll, hanya berlogo The Lodge Maribaya saja. Hal yang sama saya lihat di luar atau sepanjang jalan area tidak ada yang unik atau menarik untuk cindramata/ aksesorisnya.

Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute The Lodge Maribaya Lembang

Lokasi The Lodge Maribaya Lembang Bandung berada di jalur wisata Lembang terdapat beberapa lokasi wisata yang terkenal dijalur ini. Lokasi tepatnya bisa sahabat lihat pada tampilan peta The Lodge Maribaya Lembang dibawah yang saya ambil menggunakan Google Maps yang 100% akurat.



Alamat lengkap The Lodge Maribaya Lembang Bandung di Jalan Maribaya No.149/252 RT 03/RW 15 Kp Babakan Gentong – Cibodas Lembang Jawa Barat 40391 Indonesia.
Hubungi beberapa contact The Lodge Maribaya Lembang Bandung dibawah selama jam kerja, jika sahabat memiliki kritik, saran, pertanyaan atau bahkan sekedar ingin mendapatkan informasi terbaru melalui nomor telepon atau informasi digital resminya.

Contact Nomor/ Link
Phone / WhatsApp (+6222) 2045 4830, +628112253299, +62811226480, +628112348522
Emailinfo@thelodgemaribaya.com
Websitewww.thelodgemaribaya.com
Instagram@thelodgemaribaya
Facebook@thelodgemaribaya
Twitter-
Youtube-
Sebenarnya untuk rute saya selalu menyarankan sahabat untuk menggunakan google maps, waze, dan aplikasi maps lainnya. Ini tentu lebih mudah dan praktis membantu sahabat, saya sendiri menggunakan google maps yang cukup akurat.

Dari Bandung menuju The Lodge Maribaya banyak akses yang bisa ditempuh :
  • Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melakukan perjalanan melalui jalur setia budi dan juga bisa melewati jalur dago giri. Jika menggunakan mobil pribadi perjalanan bisa di tembuh sekitar 1 - 1.5 jam.
  • Bagi yang menggunakan kendaraan umum, ada angkot yang bisa digunain untuk kesana. Kita bisa naik angkot menuju Pasar Panorama Lembang. Angkotnya bewarna putih tujuan St Hall - Lembang. Setelah itu kita jalan sedikit belok kiri masuk pasar dan cari angkot rute Lembang - Cibodas. Ada 2 angkot, warna putih dan kuning. Tapi untuk akses pulang, kita mesti sabar lagi dengan angkot karena hanya terdapat 1 atau 2 angkot yang hanya jalan kalau penumpangnya sudah penuh.
  • Menggunakan grab, gokar, uber, gojeg dan sejenisnya dengan biaya yang bervariasi. Untuk akses pulang disaranin pesan grab/uber 1 jam sebelumnya. Karena uber dan grab nya banyak dikawasan lembang, jadi butuh waktu untuk bisa sampai ke The Lodge Maribaya jemput penumpang.
  • Pergunakan jasa tour/ travel/ Event Orginzer apabila sahabat berencana menghabiskan liburan bersama, belakangan ini banyak sekali EO yang menawarkan paket liburan dengan harga terjangkau.

Harga Tiket Masuk Dan Waktu Operational The Lodge Maribaya

Berikut rincian harga tiket masuk Kampung Batu The Lodge Maribaya Lembang Bandung, harga tiket disesuaikan dengan hari kunjungan sahabat.

Hari Tiket Masuk The Lodge Maribaya
Senin - Jumat (Weekday) Rp.20.000 *
Sabtu - Minggu (Weekend) Rp.25.000 *
Long Weekend/ Libur Nasional Rp.35.000 *
Berikut rincian harga tiket Wahana The Lodge Maribaya Lembang terbaru 2019 :

Wahana The Lodge Maribaya Harga Tiket
Wahana Sky Tree Rp.15.000 - Rp.20.000
Wahana Zip Bike Rp.20.000
Wahana Mountain Swing Rp.20.000
Wahana Gantole Rp.25.000
Wahana Hot Air Balloon Rp.20.000
Wahana Sky Plane Rp.25.000
Paket Terkini (Tiket Masuk The Lodge Maribaya, makanan ringan, wahana Zip Bike, 1 soft file foto) Rp.75.000
Note :
  • Satu tiket masuk The Lodge Maribaya bisa sahabat tukarkan dengan segelas susu segar dengan varian rasa strabery, vanila atau coklat, saat sahabat keluar dari kawasan The Lodge.
  • Tiket masuk sudah termasuk asuransi, jadi pastikan sahabat selalu menyimpan sobekan tiketnya.
  • Dapatkan penawaran promo lainnya melalui paket bundling yang sudah disiapkan pihak management, untuk informasi terkini sahabat bisa menghubungi secara langsung melalui beberapa contact dan link resmi The Lodge Maribaya Lemabang diatas.

Pastikan sahabat berkunjung ke tempat ini sesuai dengan hari dan jam buka waktu operational The Lodge Maribaya Lembang Bandung. Berikut rincian waktu operational tersebut.

Hari Jam
Senin s/d Jumat (Weekday) 08.00 WIB - 17.00 WIB
Sabtu s/d Minggu (Weekend)08.00 WIB - 17.00 WIB
Long Weekend/ Libur Nasional08.00 WIB - 17.00 WIB

Fasilitas The Lodge Maribaya

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pihak management sudah melengkapi The Lodge dengan beberapa fasilitas baik yang berbayar maupun gratis untuk digunakan oleh setiap pengunjungnya.

The Lodge Camp And Village

Kegiatan seperti outbound dan camping bisa jadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan. Selain menambah keakraban dengan teman, sahabat maupun keluarga, kegiatan ini bisa membangun teamwork antar individu. The Lodge Maribaya menjadi lokasi terbaik untuk escape to nature bagi mereka yang ingin menyatu dengan alam sekaligus mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Jauh dari hiruk pikuk kota besar, The Lodge Maribaya memberikan pilihan lokasi camping dengan pemandangan matahari terbit yg tidak ada duanya. Selain itu kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah trekking, archery (kegiatan panahan) dan mencoba wahana-wahana menarik yang hanya tersedia di The Lodge Maribaya. Semua aktivitas ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Village House

Upaya melestarikan rumah adat Jawa yang semakin langka dapat sahabat rasakan dengan nuansa tradisional lengkap dengan berbagai aksesoris yang kental nuansa ethnik serta dikeliling hutan pinus menambah sahabat mager dari ruangan ini. Berbagai fasilitas lengkap bisa sahabat dapatkan disini dengan pelayanan prima sangat membantu melewati moment special sahabat.

Village House
Fasilitas
Harga
Village House I
Bed King Size King Koil, Ukuran ruangan 16.7, Kamar mandi pribadi dengan air panas, Balkon, Makan pagi dan makan malam, Kegiatan : trekking, panahan dan berkendara dengan Land Rover, dll, Max 2 Person.

IDR 1.700.000 / Night
Village House 2

Bed King Size King Koil, Ukuran ruangan 7.8, Kamar mandi pribadi dengan air panas, Balkon, Makan pagi dan makan malam, Kegiatan : trekking, panahan dan berkendara dengan Land Rover, dll, Max 2 Person.

IDR 1.500.000 / Night

* Harga sewaktu bisa berubah pastikan sahabat melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada kontak resmi.

Camping Ground

Mengusung comfort camping bagi Anda yang belum pernah merasakan camping ataupun ingin mengajak orang terdekat berkemah yang nyaman.

Camping

Fasilitas
Harga
Single Occupancy
Kasur (sudah termasuk bantal, selimut dan sleeping bag), Kapasitas 1 person Bed Single best size, Peralatan mandi, Kamar mandi dengan air panas (sharing), Makan malam dan makan pagi, Kegiatan : trekking, panahan dan berkendara dengan Land Rover, dll.

IDR.  603.750 / Night
Double Share
Kasur (sudah termasuk bantal, selimut dan sleeping bag), Kapasitas 2 person Twin & Queen Size, Peralatan mandi, Kamar mandi dengan air panas (sharing), Makan malam dan makan pagi, Kegiatan : trekking, panahan dan berkendara dengan Land Rover, dll.

Triple Share
Kasur (sudah termasuk bantal, selimut dan sleeping bag), Kapasitas 3 person Bed Queen Size, Peralatan mandi, Kamar mandi dengan air panas (sharing), Makan malam dan makan pagi, Kegiatan : trekking, panahan dan berkendara dengan Land Rover, dll.

* Harga sewaktu bisa berubah pastikan sahabat melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada kontak resmi.
Tertarik untuk mencobanya... 😁

The Lodge Woodland

Rangkaian terpadu kegiatan/ aktivitas outdoor dimana sahabat bisa mengabadikan momen di alam terbuka dengan aktivitas yang cukup memacu adrenalin. Namun, tidak perlu khawatir karena wahana-wahana yang disediakan disini sangat aman, pemandu permainan ini adalah orang-orang profesional dan terlatih yang akan mengawasi dan mendampingi sahabat serta didukung oleh alat dan kelengkapan yang sesuai standart.

Diwahana-wahana ini sahabat bebas berekspresi (gaya jongkok, duduk manis, selonjoran, tiduran bebaskan saja, ingat yang ga boleh loncat…), sekali lagi ga perlu takut ini aman, karena sahabat dipasang pengaman sehingga dijamin ga bakalan jatuh.

Silahkan sahabat rasakan sensani yang ditawarkan oleh beberapa wahana yang cukup hits dan instagramable ini. Tidak perlu siapkan kamera karena Fotographer profesional siap untuk melayani dan memberikan hasil yang terbaik, untuk hasilnya bisa sahabat lihat dan tebus saat dipintu keluar dengan harga Rp.10.000/ file foto. (Hmmmm… lumayan MAHAL klo filenya ada 5/ wahana saja silahkan sahabat kalikan) 😏😐😓.

Namun, apabila sahabat ingin lebih berhemat silahkan gunakan kamera sendiri (mirrorless/ dslr/ slr/ Hp) dan tidak perlu menebus hasil foto dari fotographer 😋. Untuk wahananya seperti apa sahabat lanjut baca dibawah yah.

Playground/ Taman Bermain

playground the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com
Area ini dikhususkan untuk taman bermain anak, dengan beberapa wahana ketangkasan yang bisa anak gunakan, sekalipun aman tetap menjadi tanggungjawab bersama untuk selalu mengawasi putra-putri kita.

Kegiatan Lainnya

The Lodge Maribaya bisa digunakan oleh sahabat untuk keperluan/ kegiatan bersama seperti Prewedding/ wedding, Resepsi, Gathring, Fun Games, Archery dan sebagainya, untuk jelasnya sahabat bisa menghubungi contant tersedia. Berbagai kegiatan akan dipandu oleh EO yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Fasilitas Umum

The Lodge Maribaya Lembang sudah menyiapkan beberapa fasilitas umum yang bisa diakses dan digunakan oleh setiap pengunjung dengan kebersihan dan kenyamanan sangat terjaga, diantaranya kamar mandi/ toilet, Mushola, parkiran kendaraan, tempat duduk dibeberapa area, dan sebagainya.

Wahana Instagramable The Lodge Maribaya

Berikut wahana The Lodge Maribaya Lembang Bandung yang hits dan instagramable.

Wahana Sky Tree

sky tree the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

Wahana Zip Bike

zip bike the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

Wahana Mountain Swing

mountain swing the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

Wahana Gantole

gantole the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

Wahana Hot Air Balloon

hot balon the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com

Wahana Sky Plane

sky plane the lodge
foto: www.thelodgemaribaya.com
Gimana keren bukan ? Wahana mana yang menurut sahabat paling keren ? Tertarik untuk mencoba…

Metode Pembayaran/ Payment

Tempat ini melayani pembayaran cash, debit atau kredit tanpa surcharge/ charge tambahan untuk semua jenis trasaksi debit atau kredit dari berbagai Bank (cukup senang ketika billing tagihan dibayar dan uang kembalian sesuai berapapun nilainya, karena ada beberapa kasus dibeberapa tempat/ cafe/ resto billing tagihan selalu dibulatkan sepihak dengan alasan tidak ada uang kembalian/ disumbangkan).

Penginapan Dan Hotel

Untuk penginapan The Lodge Maribaya sendiri sudah menyiapkan, namun biasanya terkendala dengan penuhnya antrian dan room yang terbatas apalagi disaat liburan (high season) harus jauh-jauh hari sahabat memesan. Namun, sahabat tidak perlu khawatir karena masih banyak penginapan, villa, hotel dan lainnya disekitaran The Lodge Maribaya yang bisa menjadi alternatif. Terlebih jika sahabat berencana berlibur untuk mengeksplor destinasi wisata sekitar Lembang, ada baiknya sahabat lebih memilih untuk mencari penginapan/ hotel dekat dengan The Lodge Maribaya Lembang, agar dihari berikutnya sahabat bisa lebih mudah dan cepat ke lokasi tujuan.

Sahabat bisa memanfaatkan beberapa aplikasi hotel promo yang saat ini sudah banyak digunakan lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang sahabat harapkan.

Peraturan The Lodge Maribaya Lembang

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, ada beberapa peraturan terkait di tempat wisata The Lodge Maribaya Lembang ini yang wajib sahabat patuhi, antara lain :
  • Tiket masuk berlaku dengan ketentuan usia minimal 2 tahun.
  • Wajib mengawasi putera puterinya saat bermain dikawasan The Lodge.
  • Dilarang membawa makanan atau minuman dari luar.
  • Dilarang membawa/ memindah/ merusak properti yang ada.
  • Dilarang membawa hewan peliharaan jenis apapun kedalam area.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan bersama.
  • Demi kenyamanan dan keamanan bersama saling menghargai, menghormati dan bertoleransi dengan tamu yang lain.
  • Dilarang merokok atau meludah sembarangan kecuali di tempat yang sudah disediakan.
  • Jaga keselamatan dan barang bawaan masing-masing.
  • Wajib sudah mendapat izin dari pihak management untuk foto dan video untuk kepentingan publikasi.
  • Saling menghargai dan menghormati sesama pengunjung.

aturan the lodge

Tips Trip

  • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu destinasi wisata banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, serta reservasi tempat,dan lain-lain. Untuk The Lodge Maribaya silahkan anda bisa menghubungi layanan telepon : Phone :(+62 22) 2045 4830, +62 811 225 3299, +62 811 226 4808, +62 811 234 8522, Email: info@thelodgemaribaya.com (jam kerja).
  • Usahakan datang ke The Lodge Maribaya Lembang pada hari kerja (weekday) sebelum pukul 08:00 WIB, untuk menghindari macet dan lokasi termasuk parkir kendaraan penuh (apabila berkunjung pada weekend atau longweekend tetap usahakan datang pagi hari atau bila perlu sahabat bisa menginap di beberapa hotel atau penginapan terdekat).
  • Pergunakan pakaian yang casual dan alas kaki (sepatu/ sandal yang santai tp aman seperti sepatu kets/ sandal gunung).
  • Pengambilan foto yang bagus pada pagi/ sore hari sebelum pengunjung penuh dan meminimalisir backlight.
  • Download aplikasi Shared it di Google Playstores untuk transfer hasil foto.
  • Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.
  • Gunakan layanan Gocar, Grab,Uber, atau Gojeg yang saat ini sudah banyak beroperasi disamping pelayanan mudah tentu harga lebih murah dan sahabat tidak terlalu capek dijalan punya supir pribadi.
  • Pergunakan jasa Travel Wisata agar liburan sahabat bisa lebih efektifdan efesien, belakangan ini ada banyak Travel Wisata yang menyediakan paket-paket liburan dengan harga cukup terjangkau.
  • Selalu utamakan keselamatan diatas segalanya.

Demikian sahabat review saya kali ini semoga bermanfaat...

#LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
#LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia
logo jejakusaja
logo jejakusaja

Please Share

Artikel Lainnya Terkait Wisata ,Wisata Alam

0 komentar:

Post a Comment

Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.