Review Wisata Kuliner Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung - jejakusaja -->

Review Wisata Kuliner Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung

Darmaga Sunda
Darmaga Sunda - Haduh entah kapan diet ini berhasil, makan terussss 😋 dietnya besok lagi ajalah, Alhamdulillah rezeki anak sholeh bulan penuh berkah. Acara ultah adik ipar dan istri kali ini dirayakan sederhana, penuh makna dan pastinya makanan yang tidak tersisa dan sia-sia 😃😄😅, sempat galau pilih tempat makan yang enak, akhirnya milih tempatnya di Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung. Sekilas, resto ini diprakarsai dan dibangun oleh Bapak. H. Dadang Arifin selaku pemilik usaha. Memang belum lama beroperasi tapi gaungnya udah terdengar dari dulu, Darmaga Sunda Resto merupakan salah satu lokasi wisata yang memadukan konsep antara tempat wisata dan juga kuliner. Darmaga Sunda Bandung, kini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner sunda di Bandung yang sangat cocok di jadikan tempat liburan bersama keluarga.

Selain rumah makan, Darmaga Sunda resto juga sudah menyediakan berbagai macam fasilitas wisata yang menarik bagi para pengunjungnya (khususnya anak sahabat semua) seperti bermain becak mini, perahu angsa, air terjun buatan yang cocok khusus untuk sahabat yang gemar berfoto selfie atau wefie, bahkan ada salah satu hal yang menjadi iconic diresto ini adalah didalam terdapat bentuk tempat yaitu seperti Perahu Pinisi seakan berlabuh di sebuah dermaga (cuma depannya doang sih tapi cukup unik dan menarik, jadi paham kenapa namanya Darmaga 😁😁😁), dan spot ini lumayan cukup hits dan instagramable di Dermaga Sunda Nagreg.

Semakin penasaran kaya gimana sih nyamannya suasana dan enaknya rasa diresto ini? Sebelumnya, sahabat pernah kesini ? nah kalau belum gak ada salahnya baca Review Wisata Kuliner Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung saya kali ini yahhh, okay stay focus 😎.

Memang resto ini bukan yang pertama mengkhususkan diri menawarkan aneka kuliner sunda dengan menu khas nasi liwet yang terkenal enak di Bandung, karena sebelumnya sudah ada rumah makan seperti ini yang cukup terkenal di Bandung diantaranya Liwet Pak Asep Stroberi, RM Ponyo,RM Ampera, Bumbu Desa, Cibiuk. Sahabat kenal dan pernah coba dengan tempat-tempat itu, kalau belum wajib cek juga yah.


Suasana Tempat Dan Fasilitas Darmaga Sunda Resto

Menjadi suatu kebiasan, rasanya tidak pas ketika saya datang ke suatu tempat namun tidak mereview suasana dan fasilitas dari tempat ini. Perlu sahabat ketahui, beberapa hal yang menarik selain dari makanan dan minumnya tentu saja dengan suasana tempatnya itu sendiri.

Tiket masuk Darmaga Sunda adalah gratis, siapa saja boleh mengakses tempat ini. Pada dasarnya konsep Dermaga Sunda resto ini, mengusung nuansa etnis Sunda, dari berbagai interior dan eksterior yang terpasang terlihat unik menambah suasana sangat menarik khususnya ciri khas sebuah kapal yang sedang berlabuh dikelilingi danau sehingga pengunjung merasa sedang diatas kapal yang sebenarnya, view pegunungan dan hamparan sawah serta tebing buatan membuat pengunjung tertarik untuk berselfie mau welfie.

Terdapat dua area tempat makan yang bisa sahabat gunakan di Dermaga Sunda Nagreg untuk bersantap, yaitu indoor atau outdoor. Tempat makan indoor seperti resto pada umumnya terdapat beberapa jajaran meja makan dan kursi yang cukup banyak dan nyaman telah tersedia disini, kelebihannya terdapat live music secara langsung setiap saat bisa sahabat nikmati disini karena jaraknya yang cukup dekat, lebih interaktif jika sahabat memiliki suara yang cukup bagus bisa menyumbang lagu untuk bernyanyi secara langsung (sayangnya, suara saya pas untuk dikamar mandi saja jadi takut mengganggu selera tamu yang lainnya 😃😃😀).

Menurut saya yang sangat menarik di Dermaga Sunda Nagreg ini, yaitu area outdoor dimana terdapat gazebo yang mengelilingi danau menghadap perahu yang menjadi ikon dari resto ini dan terasa lebih segar udaranya, tempat duduknya lesehan lebih santai dan dekat dengan air terjun dan bebatuan buatan (kalau sahabat teliti lagi resto ini memiliki pemandangan yang cukup bagus areal sawah dan dikelilingi pegunungan, namun sayangnya tidak terhampar secara langsung). Saya lebih suka digazebo dan sangat recommend untuk sahabat, makan lesehan pinggir danau yang sesekali mondar mandir anak-anak bermain perahu angsa atau becak mini.Yups, sahabat benar ditempat ini terdapat fasilitas tempat bermain anak yang telah disedikan dan disewa meskipun masih sedikit namun cukup menghibur.

agun family darmaga sunda

Terdapat beberapa fasilitas umum yang cukup baik, terawat, bersih dan tentunya nyaman untuk sahabat gunakan, luasnya tempat parkir, mushola beserta kelengkapan ibadah, toilet yang banyak, wastafel, dukungan costumer service, digital informasi, hingga mini market masih disatu areal resto ini.

Cita Rasa Menu Darmaga Sunda Resto

Saat ini saya tidak terlalu bingung karena menunya sudah dipilih oleh adik ipar 😁 tidak seperti biasa selalu bingung dengan pilihan menu yang akan dipesan. Namun feeling sih pasti menunya yang khas sunda (yaiyalah orang resto Sunda 😆😆😆). Ternyata benar juga sesuai feeling hungry saya benar menu yang dipilih adalah menu favorite saya dan menjadi primadona di resto ini yaitu nasi liwetnya yang terkenal enak, menu yang pantas sahabat coba.

Perlu sahabat ketahui, sekalipun dari nama resto ini kental sekali dengan nuansa tempat dan rasa Parahyangan Sunda, bagi sahabat yang tidak terlalu suka dengan menu khas Sunda tidak perlu galau karena di resto ini juga terdapat beberapa pilihan menu lain seperti seafood, western food, kidz food dan lainnya. Yang terpenting bagi sahabat yang muslim gak perlu khawatir menu makanan dan minuman yang ditawarkan dan sajikan semuanya berlabel 100% Halal.

Saat ini saya hanya ingin mengulas makanan yang dipesan yaitu Paket Nasi Liwet Kastrol Darmaga. Buat sahabat yang belum tahu, liwet ini adalah menu kuliner primadona dari resto ini jadi rasanya belum pas kalau sahabat datang ke tempat ini dan belum mencobanya. Liwet sendiri adalah semacam makanan nasi yang dimasak didalam kastrol (panci khusus dari besi) dan didalamnya dimasukan aneka bumbu/ rempah khas tradisional (bawang merah, putih, daun salam, cabai rawit, dan lainnya) menambah cita rasa yang khas untuk nasi yang lembut dan gurih, bahkan untuk sebagian orang ada yang menyukai intip (kerak/ dasar dari nasi liwet).

Paket liwet disajikan bersama pelengkap lauk pauknya seperti (goreng tempe, perkedel, asin/ peda merah, sambal, ayam kampung goreng/ bakar, gurame goreng/ bakar, sambal dan tentunya lalapan). Terdapat beberapa varian menu untuk paket liwet ini, saya pribadi memilih paket Liwet Darmaga Ayam Bakar dan Gurame Goreng.

Menu Pilihan Darmaga Resto

Sensasi ketika tutup panci kastrol dibuka, langsung tercium semerbak harumnya nasi liwet. Wah ini wanginya saja sudah sedap, apalagi rasanya! Nasi liwet ini pulen, gurih, terus asinnya pas terasa, terus ada bahan pelengkap rempah-rempah tradisional didalamnya, terus yahhh sikat aja langsung 😆😋😋, jujur liwetnya sedikit beyek (mungkin terlalu banyak airnya) sedikit berbeda dengan Liwet Pak Asep Stroberi.

Ayam yang digunakan adalah ayam kampus kampung 😁😃😜. Dagingnya gak liat atau alot (cuma tulangnya keras banget 😬), rasanya gurih manis karena dibumbui pakai kecap, dan tingkat kematangannya bagus, penampilan hitam mungkin dari kecap (klo yang makan iyah hitam dari kulit 😊😃😅). Cita rasa ayam bakar ini pas banget, perlu sahabat coba.

Tidak kalah rasa dan bentuk lucu dari gurame gorengnya, daging ikan rasanya gurih renyah kriuk-kriuk saat digigit, dagingnya terasa empuk dan ikannya terasa segar (tidak lama mati/ di freezer) ditambah coelan sambal kecap yang manis, asin dan tentunya pedas menambah rasa yang sangat menggugah selera.

Banyak sekali varian menu yang pastinya cukup recommend perlu sahabat coba ditempat ini bersama orang-orang tercinta. Jujur saja sekalipun tempat ini bisa menjadi tempat yang romantis, saya lebih menyarankan sahabat menghabiskan waktu ditempat ini makan berkumpul bersama orang-orang tercinta dengan suasana yang lebih hangat.

Gimana, sudah terbayang menu mana yang mau sahabat coba ? Kalau sudah sempatkan waktu untuk melipir sejenak ke tempat ini, apalagi sebentar lagi sahabat mudik ke arah selatan jawa pasti akan melewati rute ini 😎 (sambil istirahat sejenak tentunya ).

Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute Darmaga Sunda Resto

Bagi sahabat yang masih belum tahu lokasi Darmaga Sunda dimana ?, untuk saat ini terdapat lokasi cabang Darmaga Sunda yang bisa sahabat kunjungi, berikut alamat rumah makan Darmaga Sunda :
  • Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung, alamatnya Jl. Raya Bandung-Garut ByPass Cicalengka No.20, Citaman, Nagreg, Bandung, Jawa Barat 40215 Indonesia.
  • Darmaga Sunda Resto Tasikmalaya, alamatnya Jl. Letnan Harun No.99, Sukarindik, Kec. Bungursari, Tasikmalaya, Jawa Barat 46151 Indonesia.
Dermaga Sunda di Tasikmalaya ini terlihat lebih megah dengan nama Grand Darmaga Sunda Resto yang baru dibuka sekitar bulan April 2019 dengan tidak melupakan kapal perahu pinisi sebagai icon dari Dermaga Sunda. Untuk review restoran Darmaga Sunda menu dan harga terbaru 2019 di Tasikmalaya segera saya update yah.

Contact info :
Sahabat bisa menghubungi beberapa contact Darmaga Sunda dibawah, jika sahabat memiliki pertanyaan atau ingin mendapatkan informasi terbaru melalui nomor telpon atau informasi digital resmi lainnya.

Contact Nomor/ Link
Phone / WhatsApp (+62) 0812-1423-4772 / 0811-2345-642
Emailinfo@darmagasunda.id / restodarmagasunda@gmail.com
Websitedarmagasunda
Instagram@darmagasunda
Facebook@darmagasunda
Twitter-
Youtube-
Sahabat berencana mengunjungi tempat ini untuk rutenya sangat mudah sekali, sahabat bisa pergunakan berbagai fasilitas aplikasi penunjuk jalan seperti waze/ sygic/ dan lainnya). Saya pribadi percaya dengan Google Maps yang 100% akurat dan informatif. Tepatnya :




Daftar Harga Dan Menu Darmaga Sunda Resto

Seperti biasa ulasan saya diposting-posting sebelumnya untuk acuan masalah harga tentu itu sesuatu hal yang relatif, saya pribadi selalu membandingkan dengan kualitas rasa, pelayanan, kenyamanan, dan suasana tempat yang berujung pada nilai Kepuasan. Namun, perlu sahabat ketahui range harga menu rumah makan Darmaga Sunda Nagreg ini berkisar Rp.6.000 s/d Rp.200.000. Sahabat bisa lihat di daftar menu harga yang sempat saya abadikan.

daftar harga dan menu darmaga sunda

daftar harga dan menu darmaga sunda2

daftar harga dan menu darmaga sunda3

Manfaatkan penawaran makanan harga paket Darmaga Sunda dengan isi menu makanan yang lengkap dan tentu saja harga lebih murah.

Berdasar pengalaman dan tingkat kepuasan yang saya dan keluarga alami serta rasakan review restoran Darmaga Sunda ini terbilang murah dan worthed. Mungkin kedepannya tidak sekedar menjadi tempat makan favorit dan recommended, namun lebih menjadi objek wisata kuliner Darmaga Sunda yang hits untuk dikunjungi di sepanjang jalur mudik Bandung Garut Tasikmalaya, entah bagaimana menurut sahabat ?

Review terkait Cafe & Resto dibeberapa tempat lainnya...


Pastikan kedatangan sahabat di hari dan jam buka Darmaga Sunda Resto sesuai waktu ooperational, yaitu buka Hari Senin s/d Minggu Jam 08.00 WIB s/d 22.00 WIB dan bahkan dihari tertentu (longweekend, hari libur/ besar agama) resto ini tetap buka.

Hal terakhir dari Darmaga Sunda Resto ini adalah pelayanan/ service, hampir secara keseluruhan, pelayanan cukup memuaskan, setiap pelayan senyum, salam, ramah, sabar, sigap dan komunikatif diawal ketika sahabat memasuki areal resto ini menjadi hal yang biasa. Product knowledge setiap pelayan bagus mereka bisa menjelaskan detail terkait menu yang saya dan keluarga pesan.  Penerapan dan pendekatan teknologi yang baik untuk informasi digital yang cukup memudahkan sahabat mencari informasi terkait menu yang dipesan, reserved, dan sebagainya. Resto ini melayani pemesan catering, breakfast, lunch, dan berbagai kegiatan acara sahabat seperti arisan, reuni, rapat dan sebagainya.

Resto ini melayani pembayaran cash, debit atau kredit tanpa surcharge/ charge tambahan untuk semua jenis trasaksi debit atau kredit (cukup senang ketika billing tagihan dibayar dan uang kembalian sesuai berapapun nilainya, karena ada beberapa kasus dibeberapa tempat/ cafe/ resto billing tagihan selalu dibulatkan sepihak dengan alasan tidak ada uang kembalian/ disumbangkan).

Belum tersedianya hotel atau penginapan di resto ini, namun jika sahabat berencana berlibur untuk mengeksplore destinasi wisata terdekat, ada baiknya sahabat lebih memilih untuk mencari Hotel/ Penginapan dekat dengan lokasi Darmaga Sunda Resto (karena lokasi ini seperti berada di tengah persimpangan/ perlewatan jalur selatan antar kota), seperti lokasi Objek Wisata Cipanas Garut, agar dihari berikutnya sahabat bisa lebih mudah dan cepat ke lokasi tujuan lainnya.

Sahabat bisa memanfaatkan beberapa aplikasi hotel promo yang saat ini sudah banyak digunakan lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang sahabat harapkan tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

  • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu tempat baik itu cafe/ resto/ wisata lainnya, banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti alamat/ lokasi/ rute, jam operasional, harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, reservasi tempat, label halal, promo kartu kredit/ debit, dan lain-lain. Contact info, Phone : 0812-1423-4772 Email : info@darmagasunda.id website : www.darmagasunda.id Instagram : RM Darmaga Sunda Resto FB : @Darmaga Sunda
  • Pastikan untuk reservasi tempat terlebih dahulu apabila sahabat datang bersama rombongan diwaktu tertentu.
  • Beberapa menu lebih enak dan nikmat langsung disantap ditempat ketimbang take aways karena beberapa hal seperti makanan dingin, atau minuman cepat mencair.
  • Saling menghargai, menghormati dan bertoleransi dengan pengunjung lainnya, bijak untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung lainnya ketika sahabat sudah makan/ minum dan tidak berlama-lama (sewajarnya).
  • Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.
  • Pastikan untuk mengecek pesanan yang datang dan dibayar telah sesuai.
  • Hindari memberikan Tip berupa uang atau apapun kepada pelayan.
  • Selalu awasi anak-anak sahabat yang sedang bermain.
Gimana sahabat jadi berkunjung ke tempat ini ? Pastinya harus dong wajib datang dan buktikan sendiri (pastikan gak usah nunggu gratisan acara ultah seperti saya yah) 😆😆😆.

Akhir kata biar nambah berkah acara ultahnya :

ardimawar darmaga sunda

" HBD adikku tersayang, wish you all the best semoga diberikan rezeki yang berlimpah, dimudahkan segala urusannya, diberikan selalu kesehatan, keturunan yang sholeh dan sholeha, rumah tangga yang sakinah, mawadah, warrohmah, berkah hidupnya dunia akherat. Amin 🙏🙏🙏" 
Terus, kasirnya di depan.... 😀😃😂😅!!!! Semangatttttt, Pasti Bisa 💪💪💪😂

Demikian sahabat Review Wisata Kuliner Darmaga Sunda Resto Nagreg Bandung kali ini, semoga bermanfaat... dan tunggu review saya tempat-tempat menarik lainnya.


#LetsGuides#LocalGuides#LocalGuidesIndonesia
#BandungLocalGuides#PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

logo jejakusaja
logo jejakusaja

Please Share

Artikel Lainnya Terkait Cafe & Resto ,Kuliner Unik ,Wisata

1 comment:

Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.