Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding Cinunuk Miboga Rasa - jejakusaja -->

Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding Cinunuk Miboga Rasa

Ponyo Cinunuk Bandung
Ponyo Cinunuk, Bandung - Tidak terasa sudah hampir setengah abad tepatnya 48 tahun rumah makan ini mewarnai khasanah masakan khas tanah Sunda Jawa Barat. Yups, dari sejarah rumah makan Ponyo yang kini dinamai Ponyo Resto & Wedding memiliki arti Ponyo yang berarti makan enak dan lahap ini didirikan oleh Alm. Dudi Suganda Nandang dan Ibu Cinta Suhanah sejak tahun 1972.

Perjalanan panjang jatuh bangun usahanya ini sudah beliau rasakan hingga saat ini dimasa pandemi Covid 19, rumah makan Ponyo tetap bertahan dan eksis dengan berbagai inovasi dan kreasi dengan harapan dimasa New Normal ini bisa lebih meningkatkan baik dari sisi pelayanan, kenyamanan dan keamanan bagi setiap pengunjungnya dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Tentu bukan tanpa sebuah alasan rumah makan ini bisa bertahan hingga saat ini. Tidak dipungkiri restoran ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pecintanya khususnya pecinta masakan berjuluk bumi Parahyangan ini. Faktor lain yang dimiliki seperti tempat yang nyaman, pelayanan memuaskan, menu unik dan variatif dengan harga menu yang murah serta lokasi yang strategis sekejap menjadi incaran para pecinta kuliner dimanapun mereka berada.

Bukanlah konsep yang baru didunia kuliner berbagai hidangan makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Rumah Makan Ponyo yang memiliki tagline "Miboga Rasa Nujadi Carita" ini hampir serupa dengan beberapa rival rumah makan yang mengangkat kearifan lokal budaya Sunda yang sudah ada seperti Darmaga Sunda Nagreg, Grand Darmaga Sunda Tasikmalaya, Nasi Liwet Asep Stroberi. Namun, tentu dengan menonjolkan cita rasa dan ciri khasnya tersendiri.

Penasaran! Yuk intip bagaimana harga & menu makanan minumannya, suasana tempat & fasilitasnya khususnya bagi sahabat yang sedang mencari salah satu tempat Resepsi Pernikahan terbaik tahun 2020 di Bandung sepertinya Ponyo Resto & Wedding Cinunuk bisa menjadi pilihan tepat saat ini.



    Sejarah Ponyo Resto & Wedding

    Berikut sejarah singkat dari Rumah Makan Ponyo yang saya kutip dari salah satu source web resminya www.makanponyo.com. Buat yang masih penasaran disimak yah?.

    Asal muasal kata Ponyo diambil dari bahasa Sunda yang artinya makan enak dan lahap. Derajat kata ponyo ini diatas kata enak atau lezat atau orang Sunda bilang pedo, ngeunah, raos, nikmat dsb.

    Pendirinya adalah Dudi Suganda Nandang (alm.) dan Ibu Cinta Suhanah. Pak Dudi sejak kecil sudah terlatih berwirausaha, mulai dari layangan, gorengan, hingga jadi loper koran. Tidak jauh berbeda dengan Ibu Cinta. Beliau sampai harus menjadi asisten rumah tangga untuk memperbaiki keadaan ketika beliau masih kecil hingga remaja. Hikmahnya, beliau jadi jago masak karena terbiasa bekerja di dapur.

    Keduanya hidup dimasa ekonomi yang sulit kala itu, sampai akhirnya masing-masing bertemu dan menikah di tahun 1959. Setelah menikah, mereka sempat membuka beberapa usaha. Mulai dari warung nasi kecil di daerah Jl. M. Ramdhan Bandung, buka bengkel motor, hingga membuka usaha keagenan koran. Dari beberapa usaha yang tutup buka itu, usaha keagenan koran lah yang paling bertahan. Sampai akhirnya pada tahun 1972, usaha keagenan koran pun mengalami kebangkrutan.

    Bingung memilih jalan usaha apalagi yang akan dilakukan, beliau memutuskan untuk kembali mencoba membuka warung nasi. Dipilihlah nama “Ponyo”. Belajar dari kegagalan membuka warung sebelumnya dan tidak ingin mengulang kesalahan yang sama. Beliau berpikir, lokasi warung ini haruslah strategis dan dekat dengan konsumennya. Kebetulan ketika itu punya seorang kawan yang memiliki ruang kecil di bawah salah satu gedung perkantoran di Jl. Asia Afrika Bandung. Dari sanalah Ponyo berawal.

    Pak Dudi & Ibu Cinta memulai Ponyo di tempat yang sangat sederhana dan ala kadarnya. Tapi masakan Ibu Cinta sangat enak, ayam goreng dan gepuknya kala itu langsung menjadi favorit makan siang karyawan perkantoran di sekitar Asia Afrika.

    Beberapa minggu berjalan, Ponyo dengan cepat menjadi perbincangan di tengah masyarakat karena “Ponyo”-nya makan di sana. Sampai saat itu, artis ibukota pada masanya, Ateng, pernah datang ke Warung Ponyo ini.

    Beberapa tahun Ponyo buka di Jl. Asia Afrika, karena gedung pun berpindah kepemilikan, akhirnya beliau harus pindah tempat. Ponyo sempat pindah ke Dago, tutup, lalu buka di Jl. Eykman.

    Pada tahun 1979, Pak Dudi memutuskan untuk membuka cabang baru. Dengan tempat milik sendiri. Lokasinya di Jl. Raya Cinunuk No. 186 Cileunyi.

    Selanjutnya. Di era tahun 80 an. Ponyo semakin dikenal dan diminati masyarakat Jawa Barat, beliau mampu membuka hingga 16 cabang sampai tahun 90 an.

    Di tahun 1993, Pak Dudi merasa bahwa bisnis harus memiliki muara kebaikan, terutama bagi masyarakat, juga sebagai ladang ibadah. Maka di tahun tersebut Pak Dudi mendirikan yayasan Al Amanah.

    Berawal dari mendirikan TK, tahun berikutnya disusul SD, SMP, sampai Akademi Tata Boga untuk jenjang diploma. Sampai tulisan ini dimuat, terdapat 1200 siswa dan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Al Amanah.

    Lanjut di tahun 1997, terjadi krisis moneter, ketika itu bisnis pun menunjukkan grafik menurun. Syukurlah di awal tahun 2000, Ponyo menambah lini bisnis catering dalam strateginya.

    Terutama di Ponyo Cinunuk, dengan luas venue yang cukup representatif dijadikan tempat pernikahan. Masyarakat pun mulai mengenal Ponyo yang bisa dijadikan tempat pernikahan sekaligus menyediakan cateringnya. Hingga sekarang.

    Ponyo membentuk khusus divisi Wedding Ponyo yang memiliki visi “Dream Wedding Possible“. Bahwa pernikahan impian di Ponyo sangat mungkin. Karena kami memberikan fasilitas yang tidak diberikan gedung/catering lain secara gratis. Kami memberikan gedung/venue untuk pernikahan dan dekorasi standard yang mencakup pelaminan serta area secara cuma-cuma. Namun dengan kualitas yang bukan gratisan. Kenapa bisa? Karena venue milik kami sendiri, bukan sewa, dan kami memiliki properti dekorasi sendiri juga yang tidak perlu diangkut-angkut terlalu jauh. Sehingga bisa menekan biaya. Ponyo pun memiliki misi untuk memudahkan para pasangan menikah. Sehingga tidak ada alasan terkait finansial lagi yang mampu menghalangi para pemuda untuk menikah 🙂.

    Tertarik untuk mengunjunginya ? Bagaimana suasana dan fasilitasnya ? Berapa harga dan apa saja menu rumah makan Ponyo Cinunuk ?, yuk ajak semua keluarga untuk mencoba beberapa hidangan wisata kuliner nusantara yang memiliki ciri khas unik yang tidak bisa ditemukan ditempat lainnya.


    Sebelum saya review lebih jauh, beberapa hal yang perlu sahabat ketahui mengapa Ponyo Resto & Wedding menjadi salah satu tempat yang pas untuk menyelenggarakan berbagai event yang berharga atau sekalipun untuk menemani sahabat dengan suasana yang keren, menu yang variatif dan tentunya harga yang bersahabat dikantong.

    • Kualitas SDM nya sudah teruji, berpengalaman, dan professional. Departemen Cook yang sudah tersertifikasi serta dapur yang sudah memenuhi standar hygiene dan sanitasi.
    • Menu yang tersedia sangat variatif mulai dengan menonjolkan hidangan makanan dan minuman khas Sunda, Western hingga Chinesse dengan harga yang relatif bersaing.
    • Hal penting yang membuat Ponyo jadi pilihan ribuan pengantin untuk jadi tempat pernikahannya adalah karena kami memberikan Gedung dan Saung Taman GRATIS. Alias tidak ada biaya sewa lagi.
    • Tidak hanya gedung dan saung taman GRATIS, kami juga memberikan GRATIS Dekorasi Standard untuk Anda. Sudah termasuk pelaminan, pergola, dan bunga hidup.
    • Area parkir yang luas bisa menampung hingga 150 mobil dan 300 motor yang dijaga oleh beberapa security yang selalu ramah dan sigap membantu.
    • Kapasitas Gedung & Produksi hingga 2000 pax per event.
    • Fasilitas yang dimilikinya pun terbilang lengkap dan semuanya tentu saja bersih & terawat.
    • Layanan delivery home service, Grab Food, Go Food maupun online diberbagai aftermarket seperti Tokopedia dan Shopee siap mempermudah sahabat untuk bisa menikmati hidangan Ponyo Cinunuk dimasa New Normal disaat pandemi Covid 19 mewabah di Indonesia.

    Review terkait Cafe & Resto dibeberapa tempat lainnya...


    Daftar Harga & Menu RM Ponyo Cinunuk

    Beberapa hal yang perlu sahabat ketahui terkait harga & menu Rumah Makan Ponyo.

    • Pertama, semua menu yang tersedia higenis, health, aman dan pastinya 100% Halal untuk dikonsumsi khususnya bagi umat muslim.
    • Kedua, sekalipun dari nama resto ini kental sekali dengan nuansa budaya Sunda bukan berarti menu makanan dan minuman terbatas hanya menyajikan menu khas sunda saja. Bagi sahabat yang tidak terlalu suka dengan menu khas Sunda tidak perlu khawatir karena di rumah makan ini juga terdapat beberapa pilihan menu lain seperti seafood, western food, kidz food, aneka desert dan lainnya.
    • Ketiga, semua bahan makanan minuman yang disajikan dari bahan baku pilihan dengan kualitas terbaik yang diolah secara profesional oleh chef yang berpengalaman.
    • Keempat, harga semuanya belum termasuk Pajak & Service 10%.

    Berikut Daftar Harga & Menu Rumah Makan Ponyo Cinunuk Terbaru 2020.

    daftar harga dan menu darmaga sunda

    Paket timbel/ liwet komplit menjadi salah satu menu favorit dan recommended untuk sahabat coba dan jangan lupa untuk memilih berbagai cemilan yang bisa menemani sahabat menikmati hidangan dari rumah makan Ponyo.

    daftar harga dan menu darmaga sunda

    Berbagai pilihan menu makanan untuk ikan dan daging dengan aneka pengolahan yang memiliki citarasa lezat siap menemani sahabat.

    daftar harga dan menu darmaga sunda

    Tidak perlu khawatir apabila sahabat tidak begitu suka dengan menu Sunda, di Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding ini sudah disediakan berbagai macam pilihan menu lainnya.

    Beberapa menu pilihan yang cukup recommend yang menjadi khas RM Ponyo Cinunuk yang perlu sahabat coba saat berkunjung diantara, Ayam Goreng, Paket Timbel/ Liwet Komplit, Sop Buntut, Gurame, Jus Cenghar dan Es Kopyor.

    Ingat! harga menu makanan & minuman Rumah Makan Ponyo diatas belum termasuk Tax & Service 10% dari total transaksi pembayaran.

    Dapatkan penawaran harga terbaik di RM Ponyo Cinunuk untuk menu makanan dan minuman berupa paket Makan Berdua, Makan Sekeluarga, Rapat Kantor, Ngopi Nongkrong Sambil Wifian.

    RM Ponyo Resto & Wedding siap melayani Catering berbagai acara penting sahabat seperi Acara Pernikahan di Venue Terbesar dan Terbaik di Bandung Timur, Paket Aqiqah, Paket Ulang Tahun, Paket Tumpeng, Paket Nasi Dus, Meeting/ Seminar dan sebagainya. Berikut syarat dan ketentuan berlaku untuk harga paket pernikahan/ acara lainnya di Ponyo Cinunuk Bandung.

    Wedding Ponyo Cinunuk

    Untuk informasi lengkapnya silahkan sahabat hubungi nomor kontak Ponyo Resto & Wedding diatas.

    pricelist wedding ponyo

    Menjadi catatan penting kenapa Catering harus ke RM Ponyo ?
    • Menerapkan dan mengedepankan Protokol Kesehatan.
    • Kredibilitasnya sangat teruji yang sudah melayani hampir setengah abad lamanya tepatnya 48 tahun.
    • Pelayanan terbaik dan Profesional.
    • Gratis fasilitas termasuk Gedung dan Saung.
    • Gratis Dekorasi standart.
    • Parkir Luas.
    • Kapasitas gedung dan produksi hingga 2000 pax.

    Suasana Tempat Dan Fasilitas RM Ponyo Cinunuk

    Bukan sekedar makanan dan minuman yang kerap dikejar oleh para pecinta kuliner dari berbagai kalangan ini, sudah barang tentu hal pertama sebelum sahabat menikmati hidangan menu Ponyo Resto & Wedding adalah menikmati suasananya, saya lihat dan cukup memperhatikan pada dasarnya konsepnya ini tidaklah jauh berbeda dengan konsep rumah makan khas Sunda pada umumnya.

    Area yang dimiliki RM Ponyo Cinunuk ini terbilang cukup luas dan besar, bangunan cukup kokoh didominasi berbahan batu dan lantai keramik sedikt tempatnya semi outdoor ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan pepohonan hijau yang cukup rindang sehingga memberikan efek yang cukup tenang, asri dan sejuk dilengkapi dengan lantunan lagu-lagu khas Sunda Jawa Barat.

    Terlihat beberapa tempat makan berupa saung-saung berbagai ukuran yang tempatnya menyesuaikan dengan jumlah pengunjungnya. Saung ini bener-benar khas etnis Sunda banget dengan gaya makan lesehan.

    Secara garis besar RM Ponyo Cinunuk memiliki konsep rumah makan khas Sunda pada umumnya, terdapat 2 tempat makan yang berbeda yaitu Indoor Area dan Outdoor Area.

    Rumah Makan Ponyo

    Area indoor terlihat biasa saja seperti rumah makan pada umumnya, berderet kursi dan meja makan berbahan kayu namun diberikan sedikit sentuhan ornamen/ aksesoris yang identik dengan budaya Sunda. Menariknya adalah area outdoor yang menjadi area makan yang favorite termasuk saya, karena diarea makan outdoor suasananya dapat banget, sejuk, bersih dengan gaya makanan lesehan di saung-saung pokoknya keren dan sahabat perlu coba.

    Untuk melengkapi keseruan di Ponyo Cinunuk disediakan Booth Foto untuk dijadikan spot selfie/ wifie bersama orang-orang tercinta dengan tema Sunda Tempo Doeloe.

    Fasilitas lainnya memiliki layanan Ponyo home delivery dan Frozen food untuk sahabat yang mager dirumah atau layanan Grab Food atau Go Food.

    Fasilitas umum terawat bersih, rapi dan nyaman yang bisa pengunjung pergunakan tanpa biaya tambahan mulai dari beberapa toilet, mesjid, wifi, parkiran yang luas dan sebagainya.

    Tertarik untuk mengunjunginya ajak semua saudara, teman bahkan calon pasangan yang masih bingung mencari Venue Wedding murah di Bandung yang memiliki fasilitas lengkap, terpercaya yang terbukti sudah >5000 pasangan menikah di Ponyo Resto & Wedding Cinunuk, sembari menikmati hidangan masakan Rumah Makan Ponyo Cinunuk ke alamat dibawah atau beberapa cabang lainnya yang sudah tersebar dibeberapa kota di Jawa Barat.

    Untuk menikmati makanan dan minuman disini alangkah baiknya sahabat hindari waktu weekend atau longweekend karena biasanya area ini suka di gunakan oleh berbagai acara khususnya wedding sehingga tempat makannya akan sering digunakan oleh undangan para tamu alhasil sedikit tidak nyaman, baiknya sih lakukan reserved terlebih dahulu dengan menghubungi contact Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding.

    Untuk fasilitas Venue Wedding Ponyo Resto ini sudah bisa sahabat temui juga di beberapa cabang/ kota terdekat yang membedakan hanyalah dari suasana dan tempatnya saja untuk catering menu makanan dan minuman dijamin sama karena memiliki standart kualitas terbaik.

    Lokasi, Alamat, Contact & Rute

    Lokasi Rumah Makan Ponyo Cinunuk (Head Office) berada di pinggir jalan yang dikenal perlintasan jalur mudik arah Priangan Timur (Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, Cirebon). Alamat Ponyo Resto & Wedding Jl. Raya Tagog Cinunuk No.186, Cinunuk, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40624, Indonesia Tlp.(022) 7801858. Untuk lokasi tepatnya saya pergunakan tampilan peta dari Google Maps yang 100% akurat disini.

    Berikut beberapa cabang Rumah Makan Ponyo yang bisa sahabat kunjungi sesuai dengan lokasi terdekat saat ini:
    • Bandung Jl. Malabar No. 60 Bandung (022) 7301477
    • Nagrek Jl. Bandung - Nagreg Km.35 Cicalengka (022) 7950360
    • Puncak Jl. Raya Bandung-Bogor Km.85 Cimacan (0263) 512384
    • Sumedang Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.38 Ciherang (0261) 205300
    • Bekasi Jl. Kemakmuran No. 21 Bekasi (021) 8894515

    Kontak Rumah Makan Ponyo Cinunuk, jika sahabat memiliki saran, kritik atau bahkan pertanyaan bisa melalui no telepon atau media sosial resmi yang dikelolanya.

    Contact Nomor/ Link
    No Telepon / WhatsApp022-7801858 / 082214485000
    Websitewww.makanponyo.com
    Emailmakanponyo@gmail.com
    Instagram@makanponyo
    Facebook@rumahmakanponyo
    Twitter@makanponyo
    YoutubePonyo Resto & Wedding

    Rute menuju tempat ini jika sahabat yang membawa kendaraan pribadi (mobil/ motor) bisa mengarahkan kendaraannya melalui rute Cibiru Cileunyi Kabupaten Bandung, pergunakan aplikasi Google Map atau aplikasi sejenis lainnya (Waze/ Sygic) yang akan membantu menemukan lokasi atau rute terbaik dan tercepat untuk menuju tempat ini.

    Namun jika menggunakan angkutan umum (angkot) untuk memudahkan pergunakan aplikasi Moovit yang akan membantu menentukan rute kendaraan umum yang digunakan sesuai dengan titik lokasi terakhir sahabat menuju lokasi Rumah Makan Ponyo terdekat.

    Alternatif lain jika menggunakan kendaraan umum yang menurut saya lebih mudah dan cepat adalah pertimbangkan untuk menggunakan jasa transportasi online yang sudah banyak digunakan atau sahabat bisa memesan langsung melalui salah satu aplikasi online Grab Food dan memilih berbagai menu yang lezat.

    Hari & Jam Buka

    Pastikan sahabat berkunjung sesuai dengan hari dan jam buka waktu operational Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding Cinunuk.

    Hari & Jam Buka RM Ponyo Cinunuk Bandung

    Hari Jam Buka
    Senin 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Selasa 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Rabu 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Kamis 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Jumat 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Sabtu 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Minggu 07.00 WIB - 22.00 WIB
    Long Weekend/ Libur Nasional 07.00 WIB - 22.00 WIB

    Metode Pembayaran

    Metode pembayaran yang hanya dapat digunakan adalah dengan metode cash/ tunai dan Debit dari berbagai kartu penerbit tanpa surcharge atau biaya tambahan lainnya, cukup disayangkan untuk metode pembayaran dengan metode penggunaan Kartu Kredit (Credit Card) tidak diperkenankan di rumah makan ini.

    Terkait Peraturan

    Diera New Normal Covid 19, demi keamanan dan kenyamanan bersama diharap sahabat wajib mematuhi segala peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan dan menjalankan setiap Protokol Kesehatan yang sudah diterapkan.
    • Melakukan pengecekan suhu tubuh, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker saat tidak beraktivitas serta menjaga jarak (social distancing).
    • Dilarang memberikan tips/ pembayaran dalam bentuk apapun kepada seluruh pegawai/ pelayan yang bertugas.
    • Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar area.
    • Dilarang membawa senjata jenis apapun kedalam area yang dapat membahayakan keselamatan bersama.
    • Dilarang membawa hewan jenis apapun kedalam area.
    • Dilarang membuang sampah sembarangan.
    • Dilarang mencorat-coret, memindahkan, membawa atau merusak properti yang ada.
    • Saling menghargai, menghormati dan bertoleransi dengan pengunjung lainnya, bijak untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung lainnya ketika sahabat sudah makan/ minum dan tidak berlama-lama (sewajarnya).

    Pelayanan

    Hal terakhir dari rumah makan sekelas restoran ini adalah pelayanan/ service terhadap semua pengunjung.
    • hampir secara keseluruhan pelayanan cukup memuaskan sekalipun tetap harus selalu ditingkatkan, setiap pelayan senyum, salam, ramah, sabar, sigap dan komunikatif diawal ketika sahabat memasuki areal resto ini menjadi hal yang biasa.
    • Product knowledge setiap pelayan bagus mereka bisa menjelaskan detail terkait menu yang saya dan keluarga pesan.
    • Penerapan dan pendekatan teknologi yang baik untuk informasi digital yang cukup memudahkan sahabat mencari informasi terkait menu yang dipesan, reserved, dan sebagainya.
    • Resto ini melayani pemesan catering, breakfast, lunch, dan berbagai kegiatan acara sahabat seperti arisan, reuni, rapat bahkan hingga acara pernikahan dan acara besar lainnya.

    Tips Trip

    • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu tempat baik itu cafe/ resto/ wisata lainnya, banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti alamat/ lokasi/ rute, jam operasional, harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, reservasi tempat, label halal, promo kartu kredit/ debit, dan lain-lain.
    • Hubungi contact RM Ponyo tertera diatas baik melalui telp atau berbagai link media sosial lainnya yang cukup aktif dan resposif dikelola management sehingga cukup memudahkan sahabat mencari informasi terbaru.
    • Pastikan untuk reservasi tempat terlebih dahulu apabila sahabat berkunjung ketempat ini.
    • Beberapa menu lebih enak dan nikmat langsung disantap ditempat ketimbang take aways karena beberapa hal seperti makanan dingin, atau minuman cepat mencair.
    • Pastikan untuk mengecek pesanan yang datang dan pesanan yang dibayar telah sesuai.
    • Selalu mengawasi putra-putri tercinta saat sedang berada di kawasan RM Ponyo Resto & Wedding.
    • Saling menghargai, menghormati dan bertoleransi dengan pengunjung lainnya, bijak untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung lainnya ketika sahabat sudah makan/ minum dan tidak berlama-lama (sewajarnya).

    Demikian sahabat ulasan lengkap Rumah Makan Ponyo Resto & Wedding Cinunuk Miboga Rasa, semoga bermanfaat... dan tunggu review saya ditempat-tempat menarik lainnya.

    Credit To : www.makanponyo.com

    #LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
    #LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia


    Just The Pursuit Of Happyness,,,
    logo jejakusaja
    logo jejakusaja

    Please Share

    Artikel Lainnya Terkait Cafe & Resto ,Kuliner ,Wisata

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.