Kawah Putih Ciwidey Bandung Pesona Eksotis Nan Romantis - jejakusaja -->

Kawah Putih Ciwidey Bandung Pesona Eksotis Nan Romantis

Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih adalah salah satu destinasi wisata alam di Ciwidey Bandung Jawa Barat yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara dan bisa menjadi salah satu referensi tujuan wisata saat liburan diakhir pekan ini. Nikmati keindahan Kawah Putih yang eksotis nan romantis yang terbentuk dari proses hasil alam sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Tempat ini sebenarnya memiliki nilai historis yang cukup besar bagi hidup saya sendiri, sehingga untuk kesekian kalinya saya ketempat ini rasanya sangat senang. Rasa bahagia dan jujur kangen sekali banyak hal yang saya rindukan akan kehidupan saya dimasa itu (maaf awalnya baper asli bukan pencitraan 😁😆😀😅...)

Okay, sahabat masih bingung liburan kali ini mau kemana dengan keluarga tercinta, seperti biasa tidak ada salahnya demi kelancaran liburan sahabat selalu mempersiapkan segalanya, salah satunya adalah tempat wisata yang akan sahabat kunjungi. Nah, kali ini saya akan mereview salah satu tempat yang tidak sekedar memiliki nilai historis yang menarik (bukan historis saya yahh 😁😅😄) namun menyimpan nilai eksotis dan romantis yang akan membuat pasangan/ keluarga ingat seumur hidup, terutama saya (baper lagi 😀😁😂).

Wajib Baca ! Review Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey seputar Lokasi, Alamat, Telepon, Rute, Fasilitas, Suasana, Pelayanan dan Harga Tiket Masuk Terkini serta Tips Trip..

Gak pake baper lagi deh, pokoknya sangat recommend bagi sahabat untuk datang ketempat ini bersama keluarga atau pasangan atau bahkan jomblo sekalipun (kalau tidak malu 😉😀😁). Namun, banyak hal yang perlu sahabat ketahui untuk dipersiapkan dan pertimbangkan sebelum berkunjung ketempat ini.



    Sejarah Kawah Putih

    Sekilas sejarah, Kawah yang kita kenal ini sebenarnya adalah kawah Gunung Patuha, namun seiring waktu orang-orang lebih mengenalnya dengan nama Kawah Putih (mungkin karena kawahnya yang berwarna putih atau mungkin kabutnya yang berwarna putih atau tanahnya yang berwarna putih ?, baca aja deh biar gak gagal paham 😀).

    Awalnya kawah ini terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Patuha sekitar abad 10 dan 12, berjarak sekitar 50 Km dari pusat kota Bandung, berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut, suhu udara di kawasan wisata Kawah Putih tentu saja dingin dengan suhu berkisar 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca pada tempat itu.

    Pada awalnya, objek wisata ini tidak diketahui keberadaannya oleh masyarakat setempat karena setelah peristiwa letusan Gunung Patuha, tempat ini dianggap wilayah yang angker dan tumbuh berbagai mitos yang aneh dan menyeramkan disekitar masyarakat setempat, diantaranya burung yang mati apabila terbang diatas kawasan tersebut.

    Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1837, seorang ahli botanist yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn beserta tim memutuskan untuk melakukan penelitian menunju puncak Gunung Patuha dan benar saja disana beliau beserta tim menemukan salah satu jawaban yang menjadi mitos warga setempat ketika mencapai puncak Gunung Patuha ini, yaitu kenapa burung selalu berakhir mati ketika melewati kawasan ini ?, yaitu bau belerang yang menyengat menjadi penyebab kenapa burung mati. Hal lainnya adalah keindahan alam yang dimilikinya, beliau menemukan sebuah kubangan besar seperti danau dengan air berwarna putih kehijauan dengan semburan lava diatasnya.

    Berawal dari situ, setelah melewati masa sejarah Indonesia yang panjang dari masa penjajahan Belanda hingga Jepang keberadaannya menjadi sangat terkenal. Hingga Pada tahun 1987, pemerintah mulai serius untuk mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata alam, dan hingga saat ini masih terawat dan terus dikembangkan oleh pengelola Perum Perhutani KPH Bandung Selatan.

    Sampai disini kini sahabat tahu yah kenapa dibilang objek wisata Kawah Putih Kawah Putih Ciwidey Bandung, untuk lebih jelasnya yuk sahabat lanjut bacanya lagi 😉.

    Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute

    Lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung, pergunakan aplikasi google maps yang 100% akurat atau aplikasi sejenisnya untuk lebih memudahkan sahabat menemukan tempat wisata ini.



    Alamat Kawah Putih Ciwidey Bandung :
    Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11, Lebakmuncang, Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu Sugihmukti Pasirjambu, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972, Indonesia

    Contact Kawah Putih Ciwidey Bandung
    Sejauh ini tidak ada informasi resmi terkait contact person/ website dari pihak management/ pengelola untuk tempat wisata ini. Artinya sahabat untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai Kawah Putih ini tidak lain adalah dengan mengunjungi dan bertanya secara langsung atau melalui layanan penyedia jasa wisata. Informasi contact yang bertebaran didunia maya saat ini lebih banyak dikelola oleh pihak vendor khususnya penyedia jasa wisata bukan dari pihak management secara langsung dalam hal ini WIsata Kawah Putih yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Bandung Selatan.

    Rute menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung
    Kalau tertarik ingin berkunjung, untuk aksesnya tidak sulit, kok. Lokasinya sendiri berada di 25 km dari kota Bandung. Untuk menuju kawasan ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

    • Kendaraan Pribadi
    • Sedang memutuskan ke wisata Kawah Putih Bandung menggunakan kendaraan pribadi? Rute Kawah Putih dari Bandung bisa kamu tempuh melalui jalur Tol Purbaleunyi (pintu Tol Kopo). Kemudian, belok ke kanan menuju arah Jalan Kopo – Soreang. Setelah sampai di Soreang, tak lama kemudian akan sampai di Ciwidey, tak jauh kamu akan melihat pintu masuk kawasan wisata ini, tepatnya ada di sebelah kiri jalan. Kalau dengan motor dari Jakarta, ada dua jalur yang bisa kamu pilih. Pertama, rute Jakarta – Bandung via Purwakarta, kamu akan melewati empat kota, yaitu Jakarta – Kota Bekasi – Kabupaten Bekasi – Kabupaten Karawang – Kabupaten Purwakarta – Kabupaten Bandung – Cimahi – Kota Bandung. Kedua, via jalur Jonggol, jalur ini memakan jarak tempuh lebih sedikit dari jalur pertama. Kamu akan melewati jalur Puncak Bogor – Cianjur – Bandung Barat – Cimahi – Kota Bandung. Setelah itu tinggal ikuti jalan hingga sampai di Padalarang. Dari Padalarang diteruskan ke arah Soreang melalui Batujajar dan lanjut ke Ciwidey. Tidak jauh dari situ, kamu akan melihat pintu masuknya di sebelah kiri jalan.

    • Transportasi Umum
    • Kalau naik bus, kamu bisa turun di Terminal Leuwi Panjang. Dari Leuwi Panjang kamu bisa keluar ke gerbang depan terminal dan naik angkot L300 jurusan Ciwidey. Setelah sampai di Ciwidey kemudian dilanjutkan naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Patenggang dan turun di pertigaan gerbang depan Kawah Putih. Kalau pakai jasa kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Bandung. Dari pintu keluar sebelah Utara, kamu harus naik angkot berwarna biru – hijau 34 jurusan Sadang Serang – Caringin dan turun di Jalan Kopo. Setelah itu, naiklah bus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey dan turun di terminal Ciwidey. Kemudian dilanjutkan lagi dengan naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Pantenggang dan turun di gerbang masuknya. Jika kamu menggunakan pesawat, dari Bandara Husein Sastranegara naiklah angkot berwarna hijau dengan tujuan Leuwi Panjang. Kemudian diteruskan dengan naik angkot L300 jurusan Ciwidey. Sesampainya di Ciwidey, dilanjutkan lagi dengan naik angkot berwarna kuning dengan tujuan Situ Patenggang dan turun di depan pintu masuk wisata Kawah Putih Ciwidey.

    • Pertimbangkan mempergunakan jasa layanan transportasi online yang saat ini lebih mudah, murah dan efektif untuk sampai ketempat wisata ini.

    Harga Tiket Masuk

    Jika sahabat membaca diatas, tentu sahabat bisa menyiapkan estimasi berapa biaya yang perlu sahabat siapkan untuk bisa berkunjung ke tempat ini. Namun, berikut saya coba simpulkan terkait biaya-biaya termasuk Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung.

    Tiket Masuk Harga
    Wisatawan Lokal Rp. 25.000
    Wisatawan Asing Rp. 75.000
    Angkutan Ontang Anting Rp. 25.000
    Wahana Dermaga Ponton Rp. 10.000
    Wahana Tebing Sunan Ambu Rp. 10.000
    Wahana Skywalk Cantigi Rp. 10.000
    Foto Season Prewed Rp. 500.000
    Video Shooting Rp. 3.000.000
    Jasa Fotografi Cetak Rp. 20.000
    Jasa Fotografi Transfer File Rp. 10.000
    Parkir atas roda 4 (pusat kawah) Rp. 150.000
    Parkir atas roda 2 (pusat kawah) Rp. 35.000
    Tiket tanda masuk (bawah) roda 2 Rp. 5.000
    Tiket tanda masuk (bawah) roda 4 Rp. 10.000
    Tiket tanda masuk (bawah) roda 6 Rp. 25.000
    Penitipan Helm Rp. 5.000
    Gimana, sudah tau sekarang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berkunjung ke tempat ini ?, murah atau mahal ? Sahabat sendiri yang jawab yah... 😁😅😄.

    Waktu Operational

    Berikut waktu operational jam buka dan tutup destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung :

    Hari Jam
    Senin - Minggu 07.00 wib - 17.00 WIB
    Weekend/ Long Weekend 07.00 wib - 17.00 WIB

    Suasana Tempat Dan Fasilitas Kawah Putih

    Memang benar tidak dipungkiri Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan ini menyimpan keindahan pesona alam dan atmosfer tempatnya seakan memaksa sahabat untuk menghirup udara pegunungan yang sejuk dan dingin, memandang hijau dan aroma pepohonan sekitar, kabut putih dan tebal, sesaat rasa penat dan lelahpun seketika berubah seakan terhipnotis akan keindahan alamnya.

    1. Konsep Wisata Alam

    Konsep Wisata Alam yang ditawarkan Kawah Putih ini menjadi daya tarik utama ditempat ini danau vulkanik dengan lanskap gunung patuha. Secara langsung keindahan alam bisa sahabat rasakan mulai dari gerbang masuk sampai dengan puncaknya berada disekitar danau Kawah Putih yang berjarak sekitar 5-6 km dari gerbang masuk atau sekitar 10-15 menit dengan kendaraan. Dikala perjalanan sesaat melewati gerbang masuk, sahabat akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau menyejukan mata di kiri dan kanan jalan, udara pegunungan yang sejuk bahkan terasa dingin dan khas bau pepohonan sekitar seakan menyambut jiwa dan raga sahabat untuk menikmati keindahannya.

    Ironisnya, karena jarak yang cukup jauh dari gerbang utama ke tempat kawah putih, sahabat diberikan 2 pilihan sebagai alat transportasi.
    • Kendaraan Umum, yang telah disediakan pihak pengelola akrabnya ini angkot di bilang ontang-anting pengemudinya dari warga sekitar. Kalau saya bilang ini wahana yang paling memacu adrenalin, gimana enggak saat sahabat naik kendaraan ini, saya pribadi merasakan sopirnya ugal-ugalan kejar setoran tidak mempertimbangkan kenyamanan apalagi keamanan, saling siap terjadi di medan yang nanjak, berbatu dan jalan berlubang.

      Faktanya sahabat lebih focus mengawasi kejalannya daripada menikmati indahnya pemandangan sekitar. Positifnya untung udaranya segar jadi oksigen aman naik otak lebih fresh kalau ga nyampur asap knalpot sama asap rokok supir itu juga 😁. Untuk naik kendaraan ini siapkan dana Rp.25.000/ orang (PP) dan lucunya kendaraan ini tidak akan langsung jalan/ naik kalau jumlah penumpangnya belum penuh (mungkin menampung sekitar 12 orang, jadi sabarin aja 😅).

    • Kendaraan pribadi, tidak kalah menantang harus lebih focus juga karena sahabat harus siap balapan dengan angkot yang kejar setoran, asap knalpot angkot dimedan nanjak, berbatu dan berlubang, tambah beban cicilan kendaraan yang belum lunas (hadeuh yang waras mah ngalah aja 😁). Pengen lebih cepet, mungkin bisa bawa kendaraan pribadi (mobil/ motor), tapi sahabat harus siapkan dana Rp.150.000/ mobil atau Rp.35.000/ motor ditambah jumlah orang di mobil/ motor Rp.25.000/ orang kalau bawa saudara bule alias WNA Rp.75.000/ orang.
    Jadi sudah sahabat tentukan mau pake transportasi yang mana ?, sekedar info kalau sahabat baca seksama diatas pilihan jalan kaki jaraknya sekitar 5-6 km jarak dari gerbang ke puncak 😅😄.

    Suasana yang eksotis dan romantisme adalah hal pertama yang akan sahabat lihat dan rasakan ditempat ini (jika sahabat datang berpasangan 😁😅😄, kalau sendiri yahhh paling senyum sendiri so cool 😅 dan enggak badmood dengan sopir pembalap).

    Dipuncak areal kawah putih sahabat bisa melihat keberadaan danau dengan pemandangan yang eksotis. Danau di wisata Kawah Putih Ciwidey memiliki air putih kehijauan yang bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca pada saat itu. Makanya jangan heran kalau disekitar kawah ini tercium bau belerang dan dihimbau sahabat untuk tidak berlama-lama disekitar kawah dan mengindahkan beberapa larangan seperti tidak makan dan minum atau merokok disekitar kawah dan jika diperlukan pergunakan masker kalau lupa bawa sahabat bisa membeli seharga Rp.5.000.

    Ironisnya, malah saya melihat beberapa jasa fotografer sedang merokok 😅😄 (bukan untuk dicontoh yah).

    Tak hanya itu, eksotisme danau juga dipercantik dengan keberadaan tanahnya yang berwarna putih dan terkadang diwaktu tertentu kabut tebal turun menyelimuti sekitar danau ini (biasanya pagi dan menjelang sore hari) dan tampak sekitar seperti dikelilingi hutan mati banyak ranting dan pohon yang mati berwarna coklat kehitaman pemandangan terbalik tidak seperti saat ketika sahabat masuk tadi. Lantas tidak heran kalau banyak sebagian orang yang menyebut tempat ini sebagai negeri atas awan karena pemandangan serba putihnya.

    2. Dermaga Ponton

    Nikmati sensani lain yang bisa sahabat rasakan disalah satu wahana yang dibuat sekitar tahun 2017, boleh dibilang ini inovasi sejak dikenalkannya wisata Kawah Putih Ciwidey dibawah pengelolaan Perum Perhutani, yaitu Wahana Dermaga Ponton/ Dermaga Apung, menikmati danau kawah putih di tengahnya secara langsung dengan berjalan diatas jembatan kayu mengapung melintang sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter dengan sisi jembatan ditahan tali tambang, menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul ditengah permukaan danau. Tidak perlu khawatir wahana ini aman untuk digunakan, dengan catatan wahana ini digunakan tidak melebihi batas sekitar 30 orang dan waktu paling lama 15 menit/ orang (bergantian), tempat ini cocok banget jadi spot foto yang keren betapa tidak background alam dengan kawah dan air danau yang indah cukup menambah suasana yang romantis tentu kalau sahabat datang dengan pasangan 😅.

    Darmaga Ponton Kawah Putih Bandung
    Wahana Dermaga Ponton Kawah Putih Ciwidey Bandung
    Ironisnya, untuk bisa berfoto bergaya hits di spot ini sahabat harus bayar 10.000/ orang. Wahana ini dibilang aman dengan dibangun mengapung diatas danau menggunakan drum plastic dan kayu ditahan tali tambang sisi kanan dan kiri dengan batas 30 orang/ 15menit. Faktanya, tidak ada petugas yang mengawasi/ mengatur berapa jumlah pengunjung yang diatas dan terlihat fasilitas jembatan yang rusak. Apakah ini aman ?, silahkan sahabat jawab saat mencoba dan merasakan wahana ini.

    3. Tebing Sunan Ambu

    Wahana lain yang tidak kalah menarik adalah Tebing Sunan Ambu, yang membuatnya menarik adalah karena berada di ketinggian hasil pemandangan selain kawah yang diapit oleh 2 tebing yaitu tebing Sunan Ambu dan Sunan Rama, dipuncak sahabat bisa mendapatkan pemandangan dari tebing Sunan Ambu yang lebih luas, keindahan alam yang eksotis tidak terfocus pada kawah semata namun jauh mata memandang betapa besar dan indah akan ciptaan-Nya, cukup memberikan kesan yang menakjubkan.

    View Tebing Sunan Ambu
    View Tebing Sunan Ambu di Kawah Putih Ciwidey Bandung
    Tidak heran tempat ini menjadi salah satu spot fotografi yang cukup keren. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tetap waspada dan hati-hati mengingat posisi Tebing Sunan Ambu medannya yang cukup menanjak.

    Ironisnya, untuk bisa menikmati keindahan ini sahabat harus menyiapkan kembali biaya Rp.10.000/ orang.

    4. Skywalk Cantigi

    Skywalk Cantigi sebetulnya bukan wahana baru karena sebelumnya sekitar tahun 2018 sudah pernah dibangun dan dibuka namun yang membedakan adalah panjang dari skywalk, yang pada waktu itu hanya sekitar 150 meter dan sekarang ditahun 2019 Skywalk Cantigi Kawah Putih ini dibangun sepanjang 500 meter berbahan baku dari bambu kering yang dikelilingi Hutan Cantigi.

    Puncak skywalk ini berada tepat di bawah Bukit Sunan Ambu dan di atas dek Skywalk ini sahabat bisa beristirahat sejenak untuk menikmati lanskap pemandangan indah Kawah Putih dari atas ketinggian dan pastinya spot yang keren untuk berswafoto.

    Skywalk Cantiqi Kawah Putih
    Skywalk Cantiqi Kawah Putih di Kawah Putih Ciwidey Bandung
    Ada keunikan tersendiri dari skywalk ini, sebelum sahabat kepuncaknya sahabat harus berjalan melintasi rimbun dan hijaunya pepohonan cantigi, ada sensasi seolah sahabat seperti sedang bertualang dihutan, tidak lupa ada jembatan gantung yang mesti sahabat lalui, namun perlu diingat kapasitas jembatan hanya untuk 5 orang saja. Keunikan lain sepanjang jalan terkadang ada pohon cantigi yang tumbuh melintasi skywalk jadi sahabat harus berjalan menunduk atau melompat untuk melewatinya, cukup seru jugakan.

    Ironisnya, untuk bisa menikmati wahana ini dengan pemandangan bagus di atas skywalk, sahabat dikenakan tiket sebesar Rp10.000/orang.

    5. Sunrise Puncak Patuha

    Keindahan lainnya yang ditawarkan disini adalah menikmati keindahan sunrise dari puncak Gunung Patuha. Bagi sahabat pemburu sunrise tempat ini cocok untuk menjadi salah spot menarik untuk melihat dan menikmati sunrise secara langsung dari puncak Gunung Patuha, dengan catatan sahabat harus menyiapkan waktu berkunjung sekitar pukul 4 pagi (kebayang dinginnya 😁). Ironisnya, ini hanya baru rencana yang baru akan dikembangkan dan saat ini hanya baru dinikmati oleh orang/ golongan/ kelompok/ rombongan tertentu saja, katanya konsep baru ini akan dikembangkan disekitar area tebing Sunan Rama.

    6. Kegiatan Berkuda, Tracking, Melukis Alam dan Fotografi

    Kegiatan lain yang bisa sahabat rasakan disini adalah kegiatan berkuda, tracking, melukis alam dan fotografi.

    7. Kaya Spot Foto Yang Instagramable

    Para pengunjung yang datang ke sini kerap menghabiskan waktunya untuk berfoto dengan latar belakang danau. Berkat pemandangannya yang indah tersebut, memperoleh foto instagramable tidaklah sulit. Apalagi, kalau datang ke sini bersama dengan pasangan, bakal terasa lebih romantis.

    8. Lokasi Tempat Strategis

    Lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan terbilang strategis karena lokasi tepat berada diantara jalur destinasi wisata lainnya. Berbagai hal bisa sahabat dapatkan dan eksplore diwilayah ini, seperti tempat makan cafe/ resto, belanja oleh-oleh khas Bandung, hotel/ penginapan sampai beberapa destinasi wisata yang terkenal lainnya sehingga cukup memberikan alternatif wisata yang bisa sahabat nikmati setelah atau sebelum datang ke tempat ini.

    Fasilitas Wisata Alam Kawah Putih, tidak hanya alam yang memfasilitasi dengan keindahan dan keunikan didalamnya, rupanya pihak pengelola demi kenyamanan telah mempersiapkan fasilitas didalamnya. Seperti area parkir yang luas, Mushola, transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah, pusat informasi, Restoran dan warung makanan dan toilet.

    Ironisnya, fasilitas-fasilitas yang disediakan pihak pengelola ini saya perhatikan seperti kurang perawatan atau bahkan tidak dirawat kali yah, contoh fasilitas toilet yang sedikit mengingat jumlah pengunjung yang banyak tentu tidak sebanding belum lagi kotor, bau dan terkadang saya mendapati pintu tidak ada kuncinya 😅, Mushola yang pengap dan berdebu kotor, petugas parkiran yang perlu ditertibkan seperti mengenai ketetapan harga parkir dan penitipan helm, supir-supir untang-anting yang tidak mengindahkan keselamatan dan kenyamanan, pembagian petugas dibeberapa titik wahana yang mengawasi tidak ada, dan terakhir masalah klasik petugas loket dan layanan yang jutek, ditambah lagi dengan para penjual buah-buahan yang terkadang sedikit memaksa.

    Berita yang kurang menyenangkan terkadang datang dari beberapa turis mancanegara yang sering mengeluhkan tentang tiket yang mahal dan beberapa tindakan scaming dari penjual barang atau jasa yang harganya sangat mahal sekali. Hal ini jika dibiarkan tentu akan merusak citra pariwisata Indonesia dimata dunia.

    Review terkait Wisata Alam dibeberapa tempat lainnya...


    Beberapa peraturan yang wajib sahabat ketahui dan patut untuk dipatuhi saat berada di objek wisata Kawah Putih.
    • Jangan terlalu dekat dengan lumpur kawah.
    • Dilarang membuang sampah dalam bentuk apapun kedalam kawah.
    • Awasi putra-putri sahabat saat berwisata di kawah.
    • Dilarang Makan dan merokok diarea kawah menggangu kesehatan.
    • Dilarang corat-coret (Vandalisme) pada fasilitas yang ada.
    • Pelayanan yang kurang memuaskan atau tidak maksimal dari petugas/ pengelola wisata, dari sikap mereka kurang ramah dan tidak komunikatif.
    • Fasilitas cukup lengkap namun sayang perawatan yang kurang maksimal.
    • Perlu pembelajaran, pemahaman dan pemberdayaan masyarakat lokal khususnya yang terjun secara langsung diwilayah wisata kawah putih untuk lebih meningkatkan pelayanan, kesadaran, keamanan dan kenyamanan.
    • Kurangnya informasi digital yang lebih informatif yang dikelola secara profesional (pengelola wisata secara langsung) agar lebih memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi terkini.
    Untuk metode pembayaran wajib tunai/ cash only.

    Jika sahabat berencana berlibur untuk mengeksplor destinasi wisata Ciwidey Bandung dan sekitarnya mengingat banyak tempat wisata alam yang keren ditempat ini, dan memang cukup disayangkan pengelola di kawasan Kawah Putih belum/ tidak memfasilitasi dengan tempat menginap baik itu sekelas hotel/ resort/ villa/ camping ground dan sejenisnya.

    Namun, sahabat tidak perlu khawatir karena lokasi yang cukup strategis, sahabat tidak akan kesulitan untuk mencari beberapa tempat menginap baik itu hotel/ resort/ villa/ camping ground. Sebagai alternatif, cukup manfaatkan handphone sahabat dengan mendownload aplikasi hotel yang tersedia di google playstore, sahabat bisa memilih beberapa aplikasi hotel promo murah, yang saat ini sudah banyak digunakan lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang sahabat harapkan tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

    • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu destinasi wisata, banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti alamat/ lokasi/ rute, harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, penginapan/ hotel, serta reservasi tempat,dan lain-lain.
    • Pertimbangkan kondisi alam terkait cuaca/ musim pada saat sahabat berlibur agar tidak kecewa dan menggangu aktivitas (sangat tidak disarankan sahabat datang pada musim penghujan karena 99% aktivitas Kawah Putih outdoor/ alam terbuka).
    • Persiapkan perlengkapan pribadi khususnya untuk anak-anak sahabat (seperti obat-obatan, kelengkapan mandi, tissue, dan lainnya), jangan lupa alat-alat elektronik seperti kamera digital, handphone baterai sudah terisi penuh dan berfungsi dengan baik.
    • Persiapkan uang tunai/ cash secukupnya, mengingat beberapa lokasi wisata di wilayah ini hanya menerima uang cash dan untuk ATM sendiri jaraknya cukup jauh.
    • Parkirkan kendaraan sahabat ditempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata resmi agar terhindar dari tindakan sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab.
    • Saya sarankan sahabat sebelum naik ke puncak pergunakan toilet yang terdekat khususnya putra-putri kita untuk buang air terlebih dahulu karena kalau diatas agak susah.
    • Persiapkan untuk membawa masker. Apalagi, bau belerang di tempat ini sangat menyengat. Hindari kontak langsung dengan air yang ada di danau. Air yang terlihat cantik tersebut memiliki kandungan asam tinggi yang akan berbahaya kalau terkena kulit secara langsung.
    • Usahakan datang ke Kawah Putih pada hari kerja (weekday) sebelum pukul 08:00 WIB/ sepagi mungkin, untuk menghindari macet dan lokasi termasuk parkir kendaraan penuh (apabila berkunjung pada weekend atau longweekend tetap usahakan datang pagi hari atau bila perlu sahabat bisa menginap di beberapa hotel atau penginapan terdekat).
    • Pergunakan pakaian yang lebih tebal mengingat lokasi Kawah Putih berada didaerah pegunungan/ ketinggian dan usahakan menggunakan alas kaki yang baik seperti sepatu anti slip, kets atau sandal sepatu gunung.
    • Sahabat dari luar kota dan berencana menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisi kesehatan sahabat dan kendaraan dalam keadaan fit atau layak mengingat perjalanan cukup jauh dan melelahkan, selalu patuhi peraturan lalu lintas.
    • Apabila menggunakan kendaraan umum sahabat bisa manfaatkan dan gunakan layanan Gocar, Grab, Uber, atau Gojeg yang saat ini sudah banyak beroperasi disamping pelayanan mudah tentu harga lebih murah dan sahabat tidak terlalu capek dijalan secara punya supir pribadi.
    • Untuk hasil foto maksimal, pengambilan foto yang bagus pada pagi/ sore hari sebelum pengunjung penuh dan meminimalisir backlight.
    • Selalu patuhi aturan yang ada demi kenyamanan dan keamanan bersama, tidak memaksakan dan membahayakan diri sekedar untuk selfie/ wefie, selalu menjaga kebersihan lingkungan dan mengawasi putra putri sahabat.
    Menurut saya, point terpenting yang ingin saya sampaikan diatas tentu tidak ada yang salah dan benar ini hanya masalah sudut pandang saja, banyak orang berpendapat fasilitasnya tidak layak, tiketnya mahal, pelayanannya buruk dan sebagainya namun ada juga yang bahkan tidak memperdulikan hal itu karena mungkin memakluminya lantas teralihkan dengan pesona eksotis dan romantis alam yang menurut saya menakjubkan.

    Tidak ada yang salah dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Kawah Putih semua tampak eksotis dan romantis, dengan konsep wisatanya, wahananya, kegiatan dan fasilitas pendukungnya bahkan pelayanannya, semua berjalan baik dalam arti bahwa geo wisata Kawah Putih Ciwidey dibawah pengelolaan Perum Perhutani KPS Bandung Selatan ini tampak telah siap tidak hanya dalam perencanaan namun lebih mengembangkan objek wisata ini agar bisa dinikmati tidak sekedar aman namun nyaman untuk dikunjungi baik wisata lokal maupun mancanegara.

    Semoga artikel saya ini menjadi masukan yang berarti untuk keselamatan dan kenyamanan wisatawan ke Kawah Putih terutama bagi pemerintah daerah dan pengelola kawasan. Menyelamatkan kawasan Kawah Putih dengan prinsip Ekoturisme yang bertanggung jawab mematuhi Good Governance, mengutamakan keselamatan dan kenyamanan wisatawan dengan informasi akurat, pengawasan melekat dan pelayanan yang professional.

    Gimana tertarik untuk menikmati keindahan alam Kawah Putih, sejenak menenangkan diri dari rutinitas yang membosankan dan berbaur dengan alam akan cukup mengembalikan good mood sahabat semua.

    Tempat ini sangat recommend untuk sahabat coba dan lebih mengeksplore keindahan alamnya. Yuk, ajak semua orang-orang yang sahabat sayangin untuk berkunjung ke tempat ini.

    Demikian sahabat review saya kali ini di Kawah Putih Ciwidey Bandung Pesona Eksotis Nan Romantis , semoga bermanfaat dan tunggu review saya di tempat-tempat menarik lainnya.

    #LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
    #LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia


    Just The Pursuit Of Happyness,,,
    logo jejakusaja
    logo jejakusaja

    Please Share

    Artikel Lainnya Terkait Wisata ,Wisata Alam

    1 comment:

    1. Mantepppp tq infonya yg blum atau punya rencana boleh tuh jdi referensi...

      ReplyDelete
    Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.