Panghegar Waterboom Bandung Review Tempat Wisata Air Murah Dan Menyenangkan - jejakusaja -->

Panghegar Waterboom Bandung Review Tempat Wisata Air Murah Dan Menyenangkan

Kolam Renang Panghegar Waterboom Bandung
Panghegar Waterboom - Sahabat sedikit bosan dengan tempat wisata yang ada di Bandung dan ingin menciptakan suasana dengan wahana baru namun masih bingung mencari tempat, ada baiknya sahabat baca dulu dan coba wisata air ini, menghabiskan waktu bersama sang buah hati ditempat ini terbilang nyaman, menyenangkan dan pasti harganya murah. Tempat ini bisa jadi alternatif sahabat ketika liburan di Bandung atau sekedar mengisi dan menghabiskan waktu luang bersama keluarga tercinta, tentu disamping menyehatkan juga sangat menyenangkan.

Salah satu hobby saya dan anak pertama Daffa adalah berenang/ bermain air, setiap kali saya sering menghabiskan waktu untuk mencoba berenang di beberapa tempat dengan suasana berbeda, saking senangnya acapkali berkunjung kesetiap tempat yang menjadi objek pertama adalah pasti kolam renangnya atau wisata airnya, dan hobby ini sedikit menular juga sama Alaric yang sangat senang ketika bermain air.

Kolam renang Panghegar Waterboom Bandung merupakan salah satu tempat wisata air yang murah dan menyenangkan, saat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorite warga Bandung yang hendak menghabiskan waktu akhir pekannya bersama keluarga tercinta.



    Kiranya perlu sahabat ketahui beberapa manfaat berenang yang sangat besar :

    • Secara umum : melatih pernafasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, sehat untuk jantung, bentuk tubuh ideal, meredakan stress, meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh, meredakan radang sendi, menurunkan berat badan/ diet, menurunkan risiko terkena diabetes, alternatif rekreasi & meningkatkan mood, alternatif terapi ketika cedera, meningkatkan fleksibilitas tubuh.

    • Secara khusus : bagi anak/ bayi, membantu perkembangan motorik dan syaraf, membantu proses pertumbuhan, meningkatkan sistem imun, membantu keberanian agar tidak mudah terkejut, membantu adaptasi di tempat lain, meningkatkan daya explore dan kecerdasan otak, dan sebagainya.

    Wah banyak juga yah manfaatnya, semoga sahabat semakin bersemangat nih untuk nemenin buah hatinya berenang dan tidak ada salahnya sahabat ikutin terus ulasan saya kali ini di Panghegar Waterboom Bandung, Review Tempat Wisata Air Murah Dan Menyenangkan, semoga bisa menjadi pilihan alternatif liburan bersama keluarga tercinta untuk mengisi weekend kali ini.


    Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute Panghegar Waterboom

    Lokasi kolam renang Panghegar Waterboom Bandung, sahabat bisa pergunakan aplikasi Google Maps seperti saya yang 100% akurat atau aplikasi maps lainnya.



    Alamat kolam renang Panghegar Waterboom Bandung Jl. Mengger Tengah No.37, Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40252, Indonesia

    Contact Panghegar Waterboom Bandung :
    Hubungi contact Panghegar Waterboom Bandung melalui telepon atau sosial media lainnya jika sahabat memiliki kritik, saran atau pertanyaan seputar kolam renang Panghegar Waterboom Bandung.

    Contact Nomor/ Link
    No Telepon / WhatsApp(022) 5227001/ (022) 5226117/ 08112234909
    Emailinfo@panghegarwaterboom.com
    Websitewww.panghegarwaterboom.com
    Instagram@panghegarwaterboom
    Facebook@panghegarwaterboom
    Twitter@panghegarwtboom
    Youtube-

    Rute Panghegar Waterboom Bandung :
    Sahabat yang membawa kendaraan sendiri (mobil/ motor) bisa mengarahkan kendaraannya melalui rute jalan dibawah atau yang menggunakan alat transportasi umum (angkutan kota), silahkan bisa menggunakan beberapa rute trayek angkot di bawah ini(terdekat dengan lokasi sahabat):
    • Rute Melalui Perumahan Batununggal Indah.
    • Jika menggunakan mobil pribadi bisa keluar dari tol Buah Batu kemudian belok kiri ke arah Perumahan Batununggal Indah. Terus hingga ke ujung (area Pasar Modern Batunungal/Pool Bus Primajasa Bandara), lalu ke arah jembatan Jalan Sukaati. Kemudian belok kiri ke arah jembatan tol Mengger.
    • Rute Mohammad Toha - Jalan Soekarno-Hatta.
    • Jika dari arah keluar tol Mohammad Toha, bisa ke Jalan Soekarno Hatta. Di perempatan Mohammad Toha, belok kanan. Terus hingga ke arah stopan Bank Mandiri/ Batununggal. Di sana belok kanan/ putar arah ke Perumahan Batununggal Indah atau terus ke Jalan Sukaati (dekat Kampus LPKIA/ sebelah Gedung LEN). Di sana bisa tanyakan ke tukang ojek atau tukang becak mana arah ke Panghegar Waterboom/jembatan tol Mengger.
    • Rute Alternatif Jalan Mohammad Toha Atau jika ingin lebih dekat bisa melalui jalan alternatif melalui jalan tembus dari keluar tol Mohammad Toha, belok kanan. Sekitar 700 meteran di arah kiri masuk ke jalan di pinggir pabrik Leading Garment. Terus saja ikut sampai ada pertigaan Jalan Mengger, belok kiri ke arah jembatan tol Mengger. Beberapa meter dari jembatan tersebut Panghegar Waterboom ada di sebelah kiri.
    • Rute dari arah Jalan Bojongsoang.
    • Sahabat bisa keluar tol Buah Batu, belok kanan ke arah Bojongsoang. Dari arah Jalan Bojongsoang masuk kanan ke Jalan Telkom University, terus belok kanan lagi ke Jalan Mengger. Ikuti terus hingga ke jembatan tol Mengger.
    • Rute Angkutan Kota
      • Angkutan Kota Trayek Kebon Kalapa – Mengger
      • Angkutan Kota Trayek Elang – Gedebage
      • Angkutan Kota Trayek Trayek Cibaduyut – Cicaheum
    Catatan :
    • Naik angkutan kota jurusan Kebon Kalapa - Mengger. Angkot ini melewati lokasi wisata ini. Bisa juga menggunakan angkot Elang - Gedebage atau Cibaduyut - Cicaheum (angkot 08), berhenti di belokan arah Jalan Sukaati (sebelah Gedung LEN/seberang Jalan Pasirluyu). Di sana, Anda bisa naik angkot Mengger - Kebon Kalapa atau naik ojek/becak.
    • Pertimbangkan untuk menggunakan moda transportasi online yang saat ini sudah banyak digunakan, untuk lebih mengefektifkan waktu dan mengefisiensikan biaya.
    • Pergunakan bantuan aplikasi Google Maps, Waze atau Sygic yang 100% akurat untuk mempermudah menemukan lokasi Panghegar Waterboom Bandung.
    Gerbang Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Gerbang Masuk Panghegar Waterboom Bandung

    Waktu Operational Panghegar Waterboom

    Pastikan sahabat berkunjung ketempat ini sesuai dengan hari dan jam buka Waktu Operational kolam renang Panghegar Waterboom Bandung :

    Hari Jam Buka
    Senin - Jumat (Weekday) 07.00 WIB - 18.00 WIB
    Sabtu - Minggu (Weekend) 07.00 WIB - 18.00 WIB
    Long Weekend/ Libur Nasional 07.00 WIB - 18.00 WIB

    Harga Tiket Masuk Panghegar Waterboom November 2019

    Harga Tiket Masuk dan Daftar Harga Penyewaan Panghegar Waterboom Bandung Update November 2019.

    Hari Jenis Tiket Harga Tiket Masuk
    Senin - Jumat (Weekday) Tiket Area Kolam Semi Olympic Rp.25.000
    Tiket Area Kolam Waterboom Rp.35.000
    Tiket Terusan All In One Area Rp.60.000
    Sabtu - Minggu (Weekend) Tiket Terusan All In One Area Rp.75.000 s/d Rp.90.000
    Long Weekend/ Libur Nasional Tiket Terusan All In One Area Rp.75.000 s/d Rp.90.000

    Catatan :
    • Satu tiket berlaku untuk satu orang.
    • Anak usia >=1 tahun dikenakan satu tiket.
    • Free soft drink untuk pembelian tiket masuk terusan.
    • Pengantar/ tidak berenang/ alasan lain WAJIB membeli seharga tiket masuk.
    • Satu tiket All In Area berlaku untuk dua tempat (Kolam Semi Olympic dan Waterboom)/ orang.
    • Tiket berlaku All In Area pada saat season weekend/ long weekend.
    • Free Welcome Drink berlaku hanya untuk tiket All In Area.
    • Harga tiket masuk pada long weekend/ hari libur nasional/ lebaran untuk pastinya bisa contact langsung.
    • Ketentuan promo tiket tertentu bisa menghubungi langsung costumer service/ contact person diatas (misal rombongan/ voucher/ promo transaksi debit/ credit dari penerbit bank tertentu/ penawaran promo lainnya).

    Harga Tiket Masuk Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Harga Tiket Masuk Panghegar Waterboom Bandung
    Fasilitas Persewaan Harga Tiket
    Penitipan Helm Rp.2.000
    Parkir Motor Rp.3.000
    Parkir Mobil Rp.5.000
    Parkir Bis Rp.20.000
    Sewa Ban Single Rp.35.000/ 2 Jam
    Sewa Ban Double Rp.50.000/ 2 Jam
    Sewa Slidding Boogie/ Karet Seluncur Rp.20.000/ 2 Jam
    Loker Rp.10.000

    Catatan :
    • Semua fasilitas persewaan wajib deposit sebesar 20.000, apabila pengembalian fasilitas >2 jam deposit dipotong Rp.5.000.
    • Khusus fasilitas gazebo pemakaian >2 jam otomatis defosit akan hangus.
    • Fasilitas barang yang sudah disewa tidak dapat ditukar atau diganti dengan barang lain.

    Review wisata Kolam Renang dibeberapa wilayah Bandung lainnya yang wajib sahabat kunjungi!

    Suasana Dan Fasilitas Panghegar Waterboom

    Kolam renang Panghegar Waterboom Bandung memiliki tempat parkir yang luas untuk menampung motor/ mobil bahkan bis sekalipun, namun untuk lokasinya sendiri perlu sahabat pertimbangkan apabila datang dengan rombongan menggunakan bis karena akses jalan yang dilewati agak kecil. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Kolam Renang Batununggal Indah Club Bandung.

    Saat masuk kedalam area Panghegar Waterboom terkadang satpam akan memeriksa barang bawaan, alhasil apabila terciduk membawa makanan/ minuman maka satpam akan menyimpannya dan diperbolehkan diambil ketika sahabat pulang nanti.

    Kolam renang Panghegar Waterboom terbagi menjadi 2 bagian area kolam, yaitu :
    • Area Wahana Waterboom.
    • Area Kolam Semi Olympic.
    Jadi, sebelum masuk pastikan sahabat membeli tiket masuk sesuai dengan keperluan apakah akan menggunakan wahana kolam waterboom atau kolam semi olympic atau bahkan menggunakan keduanya (harga berbeda dan berlaku hanya untuk weekday saja namun untuk weekend/ long weekend berlaku tiket terusan all in).

    1. Wahana Waterboom

    Wahana air yang dimiliki oleh Panghegar Waterboom Bandung ini tergolong lengkap meskipun tidak semegah/ secanggih waterboom yang lainnya yang ada di Indonesia namun dirasa cukup menantang dan menyenangkan terutama bagi buah hati saya. Tempatnya tergolong bersih dan rapih sangat terawat sekali dan yang terpenting ramah anak. Beberapa wahana yang ada di waterboom ini yang bisa sahabat gunakan dan nikmati bersama buah hati diantaranya : Kolam Arus, Ember Tumpah, Giant Slider dan Mini Slider, Kolam Payung, serta Baby & Kids Hot Pool/ kolam air panas yang menjadi primadona anak-anak.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Kolam Payung Panghegar Waterboom
    Wahana kolam yang cukup menyenangkan bagi buah hati kita untuk bermain air disekitar Kolam Payung ini, tidak terlalu khawatir karena kedalam sekitar 20cm namun tetap untuk selalu mengawasi. Cukup favorit dan menarik bagi anak-anak sekalipun airnya dingin dengan dihiasi lantai, bola, dan payung yang berwarna-warni ditambah pancuran air.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Ember Tumpah & Mini Slider Panghegar Waterboom
    Wahana kolam Ember Tumpah & Mini Slider ini cukup ramai pada weekend/ longweekend banyak sekali anak-anak yang cukup tertarik untuk bermain air di area ini. Airnya dingin kedalam sekitar 70cm cukup aman untuk digunakan.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Kolam Arus Panghegar Waterboom
    Wahana Kolam Arus ini air dingin dengan kedalaman sekitar 70cm, dengan arus tidak begitu kencang, namun cukup membawa sahabat bersantai mengelilingi area kolam, nikmati dan rasakan sensani wahana ini dengan menggunakan ban (single/ double) yang bisa sahabat sewa sebelumnya.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Giant & Mini Sliding Panghegar Waterboom
    Wahana Giant & Mini Sliding ini direkomendasikan untuk dewasa/ anak dengan pengawasan dan keamanan khusus, air dingin dalamnya sekitar 1M, wahana sliding cukup tinggi dan lumayan menarik untuk dicoba namun direkomendasikan untuk menggunakan ban/ boggie dan posisi meluncur yang benar agar lebih aman dan menyenangkan, petugas pengawas yang senantiasa mengawasi, mengingatkan dan memberitahu kita selama dalam penggunaan giant sliding, jadi sahabat enggak perlu khawatir dijamin aman.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Kolam Air Terjun Panghegar Waterboom
    Wahana Kolam Air Terjun, temperatur airnya dingin kedalaman kolam sekitar 1m nikmati keseruan bersama keluarga untuk berenang dikolam air terjun ini.

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Baby & Kids Hot Pool Panghegar Waterboom
    Wahana Baby & Kids Hot Pool ini sangat favorit sekali bagi anak-anak karena airnya panas/ hangat dengan kedalaman sekitar 50cm, namun sayang ukurannya yang terbilang kecil, sehingga kalau penuh sahabat harus bersabar menunggu giliran.

    Panghegar Waterboom Mini Zoo
    Source Image :Mini Zoo Panghegar Waterboom
    Wahana Mini Zoo, yaitu wahana baru berupa kebon binatang kecil dengan koleksi ayam, burung, kelinci, kambing dan sebagainya, cukup menarik bagi anak-anak sebagai edukasi, tempatnya bersih aman dan nyaman. Namun sayang saya belum sempat untuk melihat wahana ini secara langsung.

    2. Kolam Semi Olympic

    Panghegar Waterboom Kolam Semi Olympic
    Panghegar Waterboom Kolam Semi Olympic
    Area kolam semi olmypic adalah Area kolam semi indoor karena terdapat atap yang menutupi sehingga cukup aman dari hujan/ panas secara langsung, yang memiliki 2 kolam terdiri dari 1 kolam utama adalah kolam renang biasa dengan ukuran yang cukup panjang sekitar 20M dengan kedalam yang bervariatif (landai) mulai dari kedalam 1M hingga kedalaman 1.6M. Kolam ini sering digunakan untuk latihan berenang dan direkomendasikan dewasa (untuk anak perlu pengawasan), air dingin, bersih dan jernih. Pada hari dan jam tertentu (weekday) sering digunakan oleh pelajar untuk latihan berenang private khusus renang atau sebagai kolam renang khusus wanita terutama khusus wanita berjilbab (hijabers). Tepat disebelahnya terdapat kolam 2 sebagai kolam berendam dengan kedalaman sekitar 60cm air panas/ hangat yang cukup bersih dan jernih. Fasilitas lainnya terdapat kamar mandi/ bilas/ ruang ganti serta tempat duduk lengkap dengan meja.

    Beberapa fasilitas kolam renang Panghegar Waterboom yang bisa sahabat pergunakan baik yang berbayar maupun yang gratis :

    Panghegar Waterboom, Panghegar Waterboom Bandung
    Fasilitas Pendukung Panghegar Waterboom
    • Parkiran kendaraan yang cukup luas.
    • Tempat beribadah (Musholla).
    • Ruang kamar ganti/ mandi/ bilas yang cukup banyak sehingga tidak lama antri.
    • Loker/ Penyimpanan.
    • Food Market/ Cafetaria.
    • Ruang P3K.
    • Penyewaan Ban.
    • Smooking Area.
    • Gazebo.
    • Panggung/ Arena Pentas.

    Secara keseluruhan suasana tempat Panghegar Waterboom cukup bersih, rapih, aman dan nyaman bagi saya dan keluarga terpenting harganya murah, tempatnya tergolong cukup ramah anak sehingga rasanya saya dan mungkin sahabat semua perlu sesekali menyempatkan untuk berkunjung/ kembali ketempat ini bersama keluarga tercinta. Untuk fasilitas yang disediakan tergolong lengkap dan semuanya terawat hanya beberapa hal yang tidak terlalu signifikan mungkin perlu peningkatan.

    Setelah seharian berenang atau bermain air, tentunya sahabat lapar dan perbekalan makanan/ minuman yang ada telah terciduk satpam juga. Tenang tidak usah khawatir, karena di Panghegar Waterboom Bandung ini telah menyiapkan area Food Market berupa Cafe/ Kantin/ Teenant yang menyediakan berbagai macam makanan/ minuman (nasi goreng, mie goreng, steak, sosis, tahu crispy, air mineral, dan sebagainya) Kalau saya perhatikan kebanyakan jenis makanan untuk jajanan anak yang murah meriah, sehat dan mengenyangkan. Untuk harga sendiri cukup aman dan bersahabat dikantong, range sekitar Rp.5.000 - Rp.45.000/ item.

    Terkait beberapa Peraturan Panghegar Waterboom Bandung yang wajib sahabat ketahui dan patuhi demi keamanan dan kenyaman bersama :
    • Dilarang membawa makanan dan minuman kalau terciduk akan disimpan dan boleh dibawa saat pulang nanti.
    • Dilarang berenang menggunakan pakaian lengkap/ trainning/ jeans.
    • Dilarang membawa binatang peliharaan jenis apapun.
    • Dilarang merokok di area kolam Panghegar Waterboom Bandung, kalau terciduk siap-siap ditegur satpam.
    • Dilarang makan dan minum disekitar/ dalam kolam.
    • Tetap menjaga kebersihan, ketertiban, saling menghargai, menghormati dan bertoleransi demi kenyamanan bersama.
    • Pelayanan Panghegar Waterboom Bandung, secara keseluruhan sangat memuaskan, setiap pelayan/ petugas ramah, sabar, sigap, respect dan komunikatif (meskipun sedikit kesal dengan teguran satpam dilarang merokok tapi mereka tegas dengan aturan demi kenyamanan bersama).
    • Petugas life guard yang senantiasa stanby membantu dan mengawasi baik di area kolam maupun wahana-wahana air.
    • Dukungan informasi digital yang terintegrasi, cukup memudahkan sahabat bisa mendapatkan informasi terkini mengenai Panghegar Waterboom Bandung.
    Metode Pembayaran Panghegar Waterboom Bandung melayani pembayaran cash, debit atau kredit tanpa charge tambahan untuk semua jenis trasaksi debit atau kredit dan tanpa minimum pembayaran/ transaksi dari semua bank (selalu pastikan ketika anda bertransaksi menggunakan debit/ credit harga/ nominal yang tercantum di mesin/ struk telah sesuai dan selalu tanya promo-promo/ program/ paket discount dari beberapa bank penerbit.)

    Efektif berlaku 01 November 2019 setiap pengunjung kolam renang Panghegar Waterboom Bandung wajib menggunakan alat transaksi baru untuk metode pembayaran yang khusus berlaku dilingkungan area Panghegar Waterboom yaitu penggunaan sistem Kartu Tap Cash, dimana saldo bisa diisi ulang (topup) dan kartunya bisa dibawa pulang menjadi milik sendiri dan sewaktu-waktu bisa dipergunakan kembali saat berada diarea Panghegar Waterboom Bandung.

    • Kelebihan Panghegar Waterboom Bandung
      • Untuk kelebihan Panghegar Waterboom Bandung dari segi fasilitas sudah saya uraikan diatas dan menurut saya Panghegar Waterboom Bandung cukup recommend untuk sahabat coba bersama keluarga tercinta.
      • Banyak promo-promo yang ditawarkan terkait harga tiket murah mungkin bisa menjadi alternatif, seperti promo untuk pelajar, untuk wanita, penggunaan debit/ credit card dan berbagai event lainnya.
    • Kekurangan Panghegar Waterboom Bandung
      • Kolam air panasnya yang sangat kecil dengan kedalam sekitar 40cm, alangkah baiknya di kondisi cuaca kota Bandung yang dingin seharusnya pihak management berupaya untuk menambah atau merubah kolam yang ada dengan air panas dengan ukuran yang lebih besar lagi.
      • Kamar mandi atau bilas tidak ada air hangatnya.
      • Lokasinya berada didalam komplek perumahan dengan jalan yang sedikit kecil, sehingga apabila sahabat datang rombongan mungkin perlu dipertimbangkan untuk menggunakan alternatif kendaraan (Bis) yang berukuran lebih kecil semisal bis 3/4.
    • Disarankan untuk membawa ban renang sendiri, karena penyewaan ban cukup mahal.
    • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu tempat/ destinasi wisata banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, serta reservasi tempat,dan lain-lain.
    • Pertimbangkan kondisi alam terkait cuaca/ musim pada saat sahabat berlibur agar tidak kecewa dan menggangu aktivitas.
    • Persiapkan perlengkapan pribadi khususnya untuk anak-anak kita, seperti obat-obatan, kelengkapan mandi, tissue, dan lainnya), jangan lupa alat-alat elektronik kita seperti kamera digital, handphone baterai sudah terisi penuh dan berfungsi dengan baik.
    • Apabila berencana menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisi kesehatan sahabat dan kendaraan dalam keadaan fit atau layak mengingat perjalanan cukup jauh dan melelahkan serta selalu patuhi peraturan lalu lintas.
    • Bagi sahabat menggunakan kendaraan umum gunakan layanan Gocar, Grab, Uber, atau Gojeg (jika ada) yang saat ini sudah banyak beroperasi disamping pelayanan mudah tentu harga lebih murah dan sahabat tidak terlalu capek dijalan punya supir pribadi.
    • Pergunakan jasa Travel Wisata agar liburan sahabat bisa lebih efektif dan efesien, belakangan ini ada banyak Travel Wisata yang menyediakan paket-paket liburan dengan harga cukup terjangkau.
    • Persiapkan uang tunai secukupnya terlebih jika sahabat berlibur di beberapa daerah yang sedikit susah karena jauh dari ATM atau perbankan atau beberapa transaksi yang tidak bisa menggunakan mesin EDC.
    • Hargai dan hormati adat dan budaya lokal yang ada sehingga tidak mengganggu kenyaman dan keamanan bersama.
    • Selalu menjaga kebersihan dan keamanan, utamakan berdoa dan keselamatan diatas segalanya.
    Demikian sahabat ulasan lengkap seputar Panghegar Waterboom Bandung, Review Tempat Wisata Air Murah Dan Menyenangkan, semoga bermanfaat... dan tunggu review saya ditempat-tempat menarik lainnya.

    #LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
    #LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia


    Just The Pursuit Of Happyness,,,
    logo jejakusaja
    logo jejakusaja

    Please Share

    Artikel Lainnya Terkait Kolam Renang ,Wisata

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.