Kampung Korea Destinasi Wisata Terbaru Ala Little Seoul Korea Di Kota Bandung - jejakusaja -->

Kampung Korea Destinasi Wisata Terbaru Ala Little Seoul Korea Di Kota Bandung

thumb-Kampung-Korea-Kota-Bandung
Kampung Korea Bandung - Inilah nama tempat saat ini, yang mungkin sedikit familiar dan lebih akrab didengar atau dikenal ketimbang nama Little Seoul Korea atau Little Korean Street. Kampung korea Bandung, Destinasi wisata yang saat ini sedang hits dan instagramable yang mengusung tema street food ala Korea terbaru di tahun 2019 di Jawa Barat.

Sebuah tempat wisata yang dibangun dengan menawarkan konsep all about Korea ini memang bukanlah ide yang pertama dan mudah-mudahan bukan yang terakhir juga karena sebelumnya konsep yang sama pernah ada yaitu Kampung Korea di kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

Lantas apa saja yang menjadi daya tarik Kampung Korea kota Bandung ini ?, berikut review Kampung Korea Destinasi Wisata Terbaru Ala Little Seoul Korea Di Kota Bandung.



    Sejarah Kampung Korea di Kota Bandung

    Mengutip salah satu sumber dari id.wikipedia.org :

    Kampung Korea adalah sebuah kawasan di kota Bandung yang dibangun semirip mungkin dengan karakter kota Seoul di Korea Selatan. Tujuan pengembangan kawasan ini adalah sebagai bagian dari kegiatan sister city antara Bandung dengan Seoul.


    Untuk diketahui, sebelum ada Kampung Korea jalan Jakarta kota Bandung sebenarnya telah ada wisata kuliner Little Seoul Bandung yaitu Chingu Cafe dan Chagiya Korean Suki & BBQ serta Dongdaemun Street. Jadi, kalau ada yang bicara masalah Kampung Korea dan Little Seoul Bandung tentu itu adalah 2 hal yang berbeda karena memang secara tempat lokasi juga beda yang sama hanya konsep yang ditawarkan yaitu all about Korea.

    Singkatnya, jika sahabat belum pernah ke Seoul Korea seperti saya tentu tempat ini bisa menjadi alternatif untuk sekedar memuaskan rasa keingintahuan atau bahkan mengobati rasa rindu berwisata ke Negeri Gingseng ini. Lokasi yang dekat, fasilitas lengkap, biaya murah plus hemat dan yang terpenting keseruan dan kerennya tempat ini tidak kalah dengan aslinya.

    Yah, itung-itung tempat ini mungkin bisa dipakai berlatih menyesuaikan diri dulu sebelum berangkat ke sana, biar ga panik liat oppa-oppa atau K-Popers saat di Seoul Korea nanti, karena jangan heran disini juga banyak oppa yang berkeliaran. 😁😅😄

    Kampung Korea di kota Bandung, diprakarsai pembangunannya oleh Ridwan Kamil yang pada waktu itu sekitar tahun 2017 masih menjabat sebagai Walikota Bandung.

    Pembangunan Kampung Korea ini adalah hasil dari kerjasama program sister city antara warga kota Bandung dengan kota Seoul yang sengaja dibuat untuk bisa meningkatkan kerjasama pariwisata keduanya. Sebelumnya Walikota Bandung ini pernah meresmikan Little Bandung di Seoul, Korea Selatan.

    Rumornya sih, pembangunan Kampung Korea ini terkait adanya dana bantuan berupa hibah dari Korea Selatan untuk pembangunan flyover baru di Bandung.

    Menurut salah satu pengelola Hera Koswara menuturkan bahwa, "Kampung Korea merupakan bagian dari kawasan terintegrasi dari dibangunnya Taman Asia Afrika atau saat ini menjadi Kiara Artha Park dengan luas sekitar 12.6 hektar lahan yang didalammnya terdiri dari 3 kawasan, yaitu pertama kawasan terbuka hijau/ ruang publik yang bisa digunakan oleh warga untuk berolahraga atau aktivitas lainnya. Kedua, area taman air yang nanti ada pertunjukan air mancur dengan sorotan lampu atau dikenal dengan Dancing Fountain dan ketiga Kampung Korea sendiri."

    Beliau pun menjelaskan bahwa, "khusus Kampung Korea nantinya memiliki dua area. Area pertama merepresentasikan perkampungan di Seoul, Korea Selatan. Area kedua menggambarkan street Seoul yang lebih urban, modern, dan industrial."

    Sedangkan untuk pengoperasiannya, pihaknya akan dibantu Komunitas Hansamo sebagai pusat kebudayaan. Hansamo didukung langsung oleh Konsulat Korea Selatan, termasuk untuk brosur dan lainnya. “Nantinya penjelasan soal budaya, berbagai informasi tentang Korea, les bahasa Korea, hingga berbagai event dibantu Hansamo,” ungkapnya.

    Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute

    Tertarik untuk mencoba keseruan Kampung Korea kota Bandung ? Jika iya, sempatkan waktu sahabat untuk berkunjung ke tempat ini bersama orang-orang tercinta. Berikut dimana lokasi, alamat, contact dan rute Kampung Korea kota Bandung.

    Lokasi

    Untuk lokasi Kampung Korea jalan Jakarta kota Bandung terbilang cukup strategis karena berada dipusat kota Bandung dengan kondisi jalan yang cukup bagus namun dihari dan jam tertentu wilayah ini dikenal memiliki tingkat kemacetan tinggi. Tidak hanya kendaraan pribadi, jalur ini pun sudah dilalui angkutan kota (angkot) dari berbagai trayek.

    Untuk saat ini akses menuju Kampung Korea melalui jalan Jakarta dan terus masuk ke Jalan Banten. Untuk mempermudah cukup arahkan kendaraan sahabat menuju jalan Jakarta atau titik lokasi kantor Kejaksaan Negeri Bandung, lokasinya tepat dibelakang kantor Kejaksaan Negeri Bandung dan teruskan masuk ke Jalan Banten lokasi tempat Kampung Korea berada di sebelah kiri jalan.

    Untuk lebih memudahkan lagi sahabat bisa pergunakan aplikasi Google Maps, seperti yang saya gunakan 100% akurat atau aplikasi maps sejenis lainnya.



    Alamat

    Berikut alamat Kampung Korea kota Bandung, Jl. Ibrahim Adjie, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272 Indonesia.

    Contact

    Tidak banyak informasi digital resmi (official) yang dikeluarkan oleh pihak management terkait contant Kampung Korea Bandung.

    Contact Nomor/ Link
    Phone -
    Website -
    Instagram @kampungkoreabandung
    Facebook -
    Twitter -

    Rute

    Mengingat lokasinya yang cukup strategis, tentu untuk rute menuju Kampung Korea Bandung ini tidaklah sulit untuk menemukannya. Jalan utama yang tidak hanya bisa dilalui kendaraan pribadi baik mobil atau motor tapi kendaraan umum (angkot) sudah bisa mengaksesnya.

    Untuk mobil/ angkot, akses saat ini hanya bisa dilalui dari arah Jl. Antapani Bandung melalui Jl. Jakarta atau dari Jl. Ibrahim Adjie. Untuk kendaraan umum gunakan angkot jurusan Cicadas-Cibiru, Ciwastra dan Cibaduyut. Sedangkan, dengan motor akses lebih banyak bisa melalui kedua jalan tersebut diatas atau melalui langsung Jl. Banten dari arah Kiaracondong/ PSM Bandung.

    Pertimbangkan untuk menggunakan jasa transportasi online yang akan lebih memudahkan sahabat sampai ke lokasi tujuan.

    Harga Tiket Masuk

    Terkait harga tiket masuk terbaru Kampung Korea kota Bandung.

    HTM Harga
    Senin s/d Jumat Rp. 10.000
    Sabtu/ Minggu/ Weekend Rp. 15.000
    Tiket Parkir Motor Rp. 2.000/ Jam
    Tiket Parkir Mobil Rp. 3.000/ Jam
    Tiket Parkir Bus Rp. 5.000/ Jam
    Ada yang kecewa gak untuk harga tiket masuk terbaru di Kampung Korea Bandung ?, sepertinya pemberlakuan tiket masuk ini efektif per 1 September 2019.

    Waktu Operational

    Untuk waktu operational jam buka dan tutup Kampung Korea Bandung :

    Hari Jam
    All Days Jam 10.00 WIB s/d 22.00 WIB

    Pesona Kampung Korea Bandung

    Berikut 5 Daya tarik Kampung Korea kota Bandung yang wajib sahabat ketahui sebelum berkunjung ketempat ini.

    1. Wisata Kuliner

    Kuliner tampaknya selalu menjadi daya tarik tersendiri. Begitu memanjakan tempat ini sehingga banyak sekali tenant-tenant yang menjual berbagai macam makanan. Uniknya, makanan dan minuman yang ditawarkan sebagian besar sesuai dengan konsep yang diusung yaitu makanan dan minuman Korea.

    Dengan mengusung konsep street food ala Korea, dikawasan ini sahabat akan dengan mudah menemukan berbagai macam jajanan khas Korea seperti ramyeon, boboutea, kimchi, kimbap, bibimbap, tteokbokki, odeng dan masih banyak lagi.

    Jangan khawatir untuk sahabat yang tidak terlau begitu suka dengan makanan atau minuman Korea, disinipun pihak management sudah menyiapkan beberapa tenant dengan hidangan masakan lokal khas nusantara seperti es campur pa oyen, bola ubi, aneka kopi lokal jabar hingga seblak dan lainnya.

    Untuk masalah makan dan minum tentu menyangkut masalah selera, namun tidak pas rasanya terlebih jauh-jauh sahabat ketempat ini namun tidak mencoba masakan khas Korea.

    Apakah makanan dan minuman disini Halal ?, mengingat dinegara aslinya masakan yang dibuat berbahan atau mengandung daging babi. Sahabat tidak perlu khawatir karena makanan dan minuman disini dijamin 100% halal. Tentu untuk bahan dan resep masakan akan disesuaikan dengan karakteristik budaya dan agama disini, sekali lagi semua makanan dan minuman disini Halal untuk dikonsumsi.

    2. Wisata Fotografi

    Keindahan tempat ini memang tidak dipungkiri kental sekali akan interior dan eksterior yang berhubungan dengan Korea, begitu banyak spot foto yang bisa sahabat ambil dan abadikan bersama orang-orang tersayang ditempat ini dan jangan lupa upload media sosial segera yah 😁😅😄.

    Berikut beberapa spot foto yang epik yang bisa sahabat abadikan.

    Spot Foto Kampung Korea
    Spot Foto Iconic Kampung Korea Kota Bandung
    Siap foto bergaya ala Korea, dengan menggunakan pakaian dan berlatar bangunan Korea. Tidak perlu khawatir disini sudah disiapkan fotografer profesional yang siap membantu sahabat, lengkap dengan pakaian tradisional korea, pengarah gaya, bahkan sampai dengan touch up wajahnya. Hanya saja ini semua tidak gratis, siapkan dana antara Rp.100.000 s/d Rp.150.000 untuk mendapatkan paket terlengkap.

    3. Wisata Edukasi


    Hansamo Community Kampung Korea Bandung
    Tenant Hansamo Community Kampung Korea Bandung
    Untuk sahabat yang ingin mengenal kebudayaan Korea Selatan lebih jauh, sahabat akan cukup terbantu ketika berada disini. Kenapa ? karena disini telah disediakan satu tenant resmi yaitu Komunitas Hansamo sebagai pusat kebudayaan yang didukung langsung oleh Konsulat Korea Selatan, artinya penjelasan soal budaya, berbagai informasi tentang Korea, les bahasa Korea, hingga berbagai event dibantu oleh komunitas ini.

    4. Wisata Sehat

    Tempat wisata yang memiliki luas sekitar 12.6 hektar ini tentu semakin menambah rasa keingintahuan sahabat, banyak hal yang dapat dieksplor ditempat ini walaupun sebenarnya untuk tempat khususnya Kampung Korea kota Bandung sendiri luas tempatnya tidaklah begitu besar mungkin sekitar 10% dari total luas areanya.

    Nah, rasanya tidak mungkin kalau sahabat datang ketempat ini tidak mengeksplor keseluruhan tempatnya, yang secara tidak sadar sabahat sudah berolah raga berjalan mengitari sembari menikmati keindahan tempat ini. Sehat bukan ?.

    5. Wisata Belanja Souvenir

    Jujur, dari sekian banyak daya tarik atau pesona Kampung Korea Bandung ini, bagian yang terakhir ini saya rada ngeri alias horor, terlebih jika bersama istri 😅, tau yah ? Berbelanja, adalah satu keunikan yang dimiliki kaum hawa yang tidak perlu dibahas.

    Untungnya disini tidak terlalu banyak tenant atau store yang menjual berbagai hal yang mahal cuma kebayang aja kalau nanti dibangun mall ala korea, disini hanya ada beberapa souvenir/ pernak-pernik/ merchandise kpop saja. Untuk sahabat yang suka dan menggemari kpop tentu ditempat ini bisa menjadi salah satu tempat berburu souvenir yang keren.

    Gimana, sahabat semakin tertarik untuk menjajaki tempat ini ?, mungkin datang dan kumpul bersama dengan teman, sahabat, saudara, orang tua atau bahkan pasangan sekalipun akan cukup menambah keseruannya.

    Daftar Harga Dan Menu

    Untuk daftar harga dan menu baik makanan dan minuman di Kampung Korea Bandung cukup variatif dan terjangkau range harga untuk makanan dan minuman mulai dari Rp. 10.000 s/d 75.000 perorang. Cukup murah bukan ?

    Rekomendasi Menu Dan Cita Rasa

    Untuk rekomendasi menu Kampung Korea kota Bandung yang perlu sahabat coba adalah makanan/ minuman yang khas atau berbau Korea seperti ramyeon, boboutea, kimchi, kimbap, bibimbap, tteokbokki atau yang lainnya karena untuk menu makanan/ minuman lokal nusantara, saya yakin sahabat sudah biasa. Untuk masalah cita rasa menurut saya sih enak saja 😅.

    Fasilitas Kampung Korea Bandung

    Untuk kenyamanan setiap pengunjungnya, tidak lupa Kampung Korea melengkapi fasilitas-fasilitas umumnya yang terbilang sangat baik dan cukup memperhatikan kebersihannya. Seperti tempat parkir yang luas dan aman, Mushola, Toilet, dan beberapa ruang publik lainnya.

    Review terkait tempat wisata lainnya yang wajib sahabat kunjungi!


    Metode Pembayaran

    Dapatkan kemudahan metode pembayaran untuk setiap transaksi di Kampung Korea kota Bandung, menerima pembayaran secara cash/ debit/ credit menggunakan beberapa kartu dari bank penerbit tanpa surcharge/ charge tambahan. Bahkan, dibeberapa tenant/ store/ merchant sahabat sudah bisa menggunakan gopay dengan discount tertentu.

    Pelayanan Kampung Korea Bandung

    • Sejauh ini pelayanannya sangat ramah, responsif dan komunikatif, semoga hal ini kedepannya tidak berubah bahkan sebisa mungkin untuk lebih ditingkatkan apalagi Kampung Korea kota Bandung saat ini sudah dikenakan tiket masuk tentu harus dikelola lebih profesional.
    • Kurangnya atau terbatasnya media informasi digital(resmi) yang dikelola secara mandiri dan profesional oleh pihak management untuk lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkini.

    • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu tempat/ destinasi wisata banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti harga tiket masuk pribadi/ tour, harga menu kuliner, serta reservasi tempat,dan lain-lain.
    • Pertimbangkan hari dan waktu untuk datang ketempat ini diluar weekend untuk menghindari antrian yang panjang dan waktu yang paling cocok untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat pagi atau sore hari karena kalau malam hari pencahayaan sedikit kurang bagus disini.
    • Pergunakan pakaian/ aksesoris yang keren bila diabadikan dengan kamera.
    • Sabar untuk mengantri, demi kenyamanan bersama saling menghargai dan menghormati.
    • Persiapkan perlengkapan pribadi khususnya untuk anak-anak kita, seperti obat-obatan, kelengkapan mandi, tissue, dan lainnya), jangan lupa alat-alat elektronik kita seperti kamera digital, handphone baterai sudah terisi penuh dan berfungsi dengan baik.
    • Apabila berencana menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisi kesehatan sahabat dan kendaraan dalam keadaan fit atau layak mengingat perjalanan cukup jauh dan melelahkan serta selalu patuhi peraturan lalu lintas.
    • Bagi sahabat menggunakan kendaraan umum gunakan layanan Gocar, Grab, Uber, atau Gojeg (jika ada) yang saat ini sudah banyak beroperasi disamping pelayanan mudah tentu harga lebih murah dan sahabat tidak terlalu capek dijalan punya supir pribadi.
    • Pergunakan jasa Travel Wisata agar liburan sahabat bisa lebih efektif dan efesien, belakangan ini ada banyak Travel Wisata yang menyediakan paket-paket liburan dengan harga cukup terjangkau.
    • Hargai dan hormati adat dan budaya lokal yang ada sehingga tidak mengganggu kenyaman dan keamanan bersama.
    • Selalu menjaga kebersihan dan keamanan, utamakan berdoa dan keselamatan diatas segalanya.
    Demikian sahabat review lengkap seputar Kampung Korea Destinasi Wisata Terbaru Ala Little Seoul Korea Di Kota Bandung, semoga bermanfaat... dan tunggu review saya ditempat-tempat menarik lainnya.

    #LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
    #LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia


    Just The Pursuit Of Happyness,,,
    logo jejakusaja
    logo jejakusaja

    Please Share

    Artikel Lainnya Terkait Wisata

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.