Teras Sunda Cibiru Wisata Kampung Seni Dan Budaya Jawa Barat - jejakusaja -->

Teras Sunda Cibiru Wisata Kampung Seni Dan Budaya Jawa Barat

Teras Sunda Cibiru Bandung Jawa Barat
Teras Sunda Cibiru, Bandung - adalah destinasi Wisata Kampung Seni Dan Budaya Sunda terbaru di tahun 2019 yang berada di kota Bandung Jawa Barat. Teras Sunda sendiri merupakan salah satu wadah sebagai pusat kebudayaan dan kesenian yang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata edukasi budaya Sunda yang wajib dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Bandung.

Perlu diingat, jika sahabat bicara Teras Sunda di Bandung memiliki 2 arti dan merujuk pada 2 tempat yang berbeda namun memiliki nama dan konsep yang sama yaitu Teras Sunda Resto dan Teras Sunda Cibiru. Namun dari keduanya memiliki fungsi yang berbeda sekalipun menawarkan satu konsep yang sama yaitu budaya Sunda. Teras Sunda Resto lebih menitik beratkan pada khasanah makanan dan minuman khas Sunda sedangkan Teras Sunda Cibiru lebih menitikberatkan kepada keanekaragaman Kesenian dan Kebudayaan Sunda. Terakhir untuk lokasi tempatpun berbeda.

Nah, saat ini saya ingin mereview tentang bagaimana Teras Sunda Cibiru ini yang digadang-gadang merupakan pusat kesenian dan kebudayaan Sunda di Bandung.

Berbagai event atau kegiatan menyangkut seni dan khususnya kebudayaan tanah Sunda sering kali dipertunjukan di Teras Sunda ini. Mulai dari pertunjukan pagelaran seni tari, seni lukis, seni musik, seni reak, benjang, wayang, pencak silat dan kesenian-kesenian lainnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri tempat ini.

Bila selama ini kota Bandung dikenal luas dengan Saung Angklung Udjo sebagai tujuan wisata seni dan budaya Sunda, kini Teras Budaya Sunda Cibiru resmi diperkenalkan dan diharapkan mampu menjadi tempat untuk memperkuat indentitas yang dimiliki kota Bandung dikancah wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lantas apa saja yang menjadi daya tarik Teras Sunda Cibiru kota Bandung ini ?, berikut review Teras Sunda Cibiru Wisata Kampung Seni Dan Budaya Jawa Barat.



    Apa Itu Teras Sunda Cibiru ?

    Tidak ada literatur yang mendefinisikan tentang apa itu Teras Sunda Cibiru, namun dari hasil pengamatan dapat saya simpulkan bahwa :

    " Teras Sunda Cibiru adalah sebuah kawasan di kota Bandung Jawa Barat yang dibangun sebagai wadah pusat kebudayaan dan kesenian khususnya budaya Sunda yang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata edukasi budaya. Tujuan pengembangan kawasan ini adalah disamping memberikan sarana bagi penduduk Kota Bandung khususnya seniman namun sekaligus bagian dari kegiatan memperkenalkan dan memperkuat indentitas yang dimiliki kota Bandung dikancah wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menampilkan keanekaragaman kesenian dan budaya Sunda mulai dari pagelaran seni tari, seni musik, seni lukis, seni benjang dan sebagainya."

    Bagaimana kalau menurut sahabat ?.

    Sejarah Teras Sunda Cibiru

    Pembukaan kawasan Teras Sunda Cibiru diresmikan langsung oleh Oded M. Danial selaku Wali Kota Bandung pada tanggal 31 Oktober 2018. Operational harian Teras Sunda Bandung sendiri dilakukan oleh UPT PSKK (Unit Pelaksana Teknis Padepokan Seni, Kreativitas dan Kebudayaan) langsung dibawah koordinasi atau supervisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung.

    Pembangunan kawasan dilahan seluas sekitar 5.600m2 ini memanfaatkan lahan bersamaan dengan Tugu Pahlawan yang dalam pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar 7.9 miliar. Besarnya anggaran tersebut diambil dari serapan dana APBD kota Bandung tahun 2018, yang saat ini sudah digunakan untuk pembangunan beberapa fasilitas di Teras Sunda Cibiru, yang diantaranya pembangunan Aula, Rumah Seniman, Tempat Workshop, Toilet dan Mushola.

    Uniknya, beberapa fasilitas bangunan tersebut didominasi oleh pohon bambu. Menjadi alasan mengapa bambu mendominasi pembangunan Teras Sunda ini adalah tidak lain karena bambu menjadi salah satu ciri budaya Sunda dan tidak heran bambu runcing sebagai tugu pahlawan berdiri kokoh ditempat ini.

    Lokasi, Alamat, Contact Dan Rute Teras Sunda Cibiru

    Tertarik untuk menjajaki Teras Sunda Cibiru Bandung ? Jika iya, sempatkan waktu sahabat untuk berkunjung ke tempat ini bersama orang-orang tercinta. Berikut dimana lokasi, alamat, contact dan rute Teras Sunda Cibiru kota Bandung.

    1. Lokasi

    Lokasi Teras Sunda Cibiru terletak di pinggir jalan nasional A.H.Nasution atau jalan Raya Cipadung. Lokasinya sendiri cukup mudah untuk ditemukan dan terbilang lokasi yang strategis, karena lokasi berdekatan dengan beberapa tempat pembelanjaan yang cukup populer seperti Borma Cipadung atau Transmart Cipadung yang berjarak sekitar 200m.

    Sedikit perlu diwaspadai adalah untuk akses ke Teras Sunda saat ini hanya melalui jalur ini, di jam dan hari tertentu terkadang macet karena banyaknya kendaraan yang tidak hanya didominasi kendaraan pribadi roda 2 dan 4 namun karena jalan nasional ini banyak dilalui bis-bis dan angkutan umum (angkot) ditambah banyak persimpangan jalan.

    Untuk lebih memudahkan lagi sahabat bisa pergunakan aplikasi Google Maps, seperti yang saya gunakan 100% akurat atau aplikasi maps sejenis lainnya.



    2. Alamat

    Berikut alamat Teras Sunda Cibiru Jl. Raya Cipadung, Cipadung Wetan, Panyileukan, Bandung City, West Java 40614, Indonesia.

    3. Contact

    Berikut nomor telepon Teras Sunda Cibiru Bandung dan terkait beberapa informasi digital (resmi) lainnya.

    Contact Nomor/ Link
    Phone / WhatsApp +62 811-2863-333
    Emailterassundacibiru@gmail.com
    Websitewww.disbudpar.bandung.go.id
    Instagram@disbudpar.bdg Atau @teras_sunda_channel
    Facebook@disbudparkotabandung
    Twitter@disbudpar_bdg
    YoutubeTeras sunda channel

    4. Rute

    Sekalipun saya lihat dan perhatikan tidak ada satupun papan bilboard/ reklame/ signboard/ semacamnya yang menunjukan arah menuju Teras Sunda Cibiru ini, mungkin karena masih tergolong baru jadi belum ada. Harapan sih kedepannya untuk lebih memudahkan wisatawan tentu harus ada dibeberapa titik jalan.

    Mengingat lokasinya yang cukup strategis, tentu untuk rute menuju Teras Sunda Cibiru ini tidaklah sulit untuk menemukannya, Jalan utama yang tidak hanya bisa dilalui kendaraan pribadi baik mobil atau motor tapi kendaraan umum (angkot) sudah bisa mengaksesnya.

    Untuk mobil/ motor, akses saat ini hanya bisa dilalui dari arah jalan A.H. Nasution atau jalan Raya Cipadung atau bisa dari jalan Soekarno Hatta masuk ke jalan Pangaritan dan keluar di pinggir Borma Cipadung. Untuk kendaraan umum gunakan angkot jurusan Cicaheum-Cileunyi/ Bis Damri Kebon Kelapa-Cibiru-Jatinangor/ Bis AKDP/ kendaraan Elf.

    Pertimbangkan untuk menggunakan jasa transportasi online yang akan lebih memudahkan sahabat sampai ke lokasi tujuan.

    Harga Tiket Masuk Teras Sunda Cibiru

    Terkait harga tiket masuk Teras Sunda Cibiru kota Bandung Jawa Barat.

    HTM Harga
    Senin s/d Minggu Gratis / Free
    Weekend / Long Weekend Gratis / Free
    Parkir Motor Rp. 2.000
    Parkir Mobil Rp. 3.000
    Parkir Bis Rp. 10.000
    Untuk biaya masuk Teras Sunda Cibiru saat ini masih gratis, bebas dan boleh diakses oleh siapa saja. Tiket masuk Teras Sunda yang ada hanya untuk biaya parkir saja yang sepertinya dikelola oleh warga lokal setempat itupun tidak ada batas tarifnya namun masih wajar.

    Waktu Operational Teras Sunda Cibiru

    Terkait waktu operational atau jam buka Teras Sunda Cibiru kota Bandung Jawa Barat.

    Hari Jam
    Senin s/d Minggu 09.00 WIB - 21.30 WIB
    Weekend / Long Weekend 09.00 WIB - 21.30 WIB
    Untuk waktu bersifat Optional disesuaikan dengan acara untuk jam buka atau tutup ketika ada kegiatan/ event pagelaran seni.

    Review Pesona Budaya Teras Sunda Cibiru

    Pesona budaya Teras Sunda seirama dengan taglinenya mengenal budaya memperkuat jati diri, besar harapan cita-cita yang ingin diwujudkan dimana Teras Sunda Cibiru ini menjadi jendela cakrawala kesenian dan budaya Sunda yang sebisa mungkin akan mendorong upaya eksplorasi, rekonstruksi dan transformasi sehingga sedapat mungkin bisa melahirkan inovasi kreatif.

    Menjadikan Teras Sunda sebagai pusat kesenian dan budaya Jawa Barat, dimana melalui tempat ini sahabat dapat mengetahui, mengenal, dan memahami sejarah kebudayaan serta peradaban para leluhur yang ditelusuri melalui berbagai pertunjukan kesenian.

    Rangkaian keanekaragaman budaya Sunda yang ada ditempat ini sedapat mungkin berupaya menyuguhkan dan mengenalkan beberapa kearifan lokal dalam masyarakat Sunda dengan nilai sejarah budaya yang terkandung didalamnya mengarahkan sahabat ke arah yang lebih nyata tanpa harus kehilangan jati diri.

    Untuk memperkuat fungsi Teras Sunda Cibiru sebagai kawasan pusat budaya dan destinasi wisata, pihak Pemkot Bandung melalui Disbudpar Kota Bandung dibantu UPT PSKK telah membuat serangkaian program berkala harian, mingguan sampai bulanan yang didalamnya diisi dengan berbagai Workshop atau Pelatihan Rineka Seni Budaya.

    Berikut jadwal Workshop/ Pelatihan Rineka Seni Budaya Teras Sunda Cibiru.

    Harga Tiket Masuk dan Jadwal Workshop Pelatihan Rineka Seni Budaya Teras Sunda Cibiru Bandung
    Jadwal Workshop/ Pelatihan Rineka Seni Budaya Teras Sunda Cibiru Bandung
    Rangkaian Rineka Seni Budaya antara lain kaulinan urang lembur, iket Sunda, melukis, kerajinan, seni tari, seni musik, seni teater, benjang, pencak silat, pagelaran wayang golek dan kesenian lainnya.

    Kegiatan ini cukup akan menjadikan tidak hanya sebuah tontonan hiburan semata bagi pengunjung namun diharapkan bisa ikut berpartisipasi lebih mengenal dan mengetahui demi kelestarian budaya Sunda. Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata lokal maupun mancanegara.

    Besar harapan, kedepannya program-program ini dapat berjalan dan berkesinambungan tidak hanya saat sekarang saja dan terasa cukup menyangkan rasanya apabila nantinya gedung-gedung yang unik ini nantinya terbengkalai dan menyisakan cerita kosong seperti hidup enggan mati tak mau.

    Suasana Dan Fasilitas Teras Sunda Cibiru

    Suasana Teras Sunda Cibiru, sesaat sebelum memasuki area sahabat harus melalui pos satpam dan memarkir kendaraan didalam area tempat ini ada parkiran basement dan area terbuka. Kebersihan lingkungan cukup bersih terawat karena saya perhatikan ada beberapa OB yang standby untuk selalu membersihkan tempat ini dan terlihat dibeberapa spot terdapat tempat sampah. Udaranya segar namun untuk penghijauan terasa masih kurang jadi sedikit gersang.

    Fasilitas Teras Sunda Cibiru Bandung
    Beberapa Fasilitas Teras Sunda Cibiru Bandung
    Ruang terbuka dengan area yang cukup luas lengkap dengan berbagai eksterior yang menambah tempat ini lumayan artistik dan cocok untuk jadi beberapa spot foto yang instagramable. Namun, menurut saya diruangan terbuka ini masih kurang tempat duduk/ kursi untuk bersantai. Waktu yang paling tepat berkunjung ke tempat ini pada pagi, sore atau malam hari karena kalau siang diruang terbuka ini cukup panas. Jangan lupa juga sesuaikan waktu kedatangan sahabat dengan waktu Rineka Seni Budaya diatas lumayan biar ada tontonan juga.

    Berbeda dengan tempat wisata lainnya, ditempat ini saya tidak melihat berbagai aneka jenis makanan atau minuman, biasanya tempat-tempat seperti ini pasti tidak terlepas dari wisata kuliner. Anehnya disini engga, jadi pastikan sahabat saat berkunjung kesini membawa perbekalan baik makanan atau minuman sendiri secukupnya.

    Terlihat disini didalam area Teras Sunda Cibiru hanya ada satu tempat jajan, itupun warung biasa aja gak ada yang aneh, mungkin kedepannya pihak pengelola perlu juga memikirkan wisata kuliner ditempat ini, karena disamping bisa mensejahterkan terbukti wisata kuliner ini bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Tentu saja makanan ataupun minuman yang berhubungan dengan budaya Sunda, seperti nasi liwet, timbel, kue balok, bajigur, bandrek ataupun yang lainnya.

    Untuk fasilitasnya sendiri Teras Sunda Cibiru ini tergolong lengkap, dibekali dengan infrastruktur yang tidak hanya cukup besar namun juga unik. Keunikannya bangunan-bangunan tersebut tersebut tidak terlepas dari material bahan dasar bambu sebagai bahan utama.

    Berikut beberapa fasilitas Teras Sunda Cibiru Bandung Jawa Barat.

    Alamat Teras Sunda Cibiru Bandung
    Monumen Tugu Perjuangan,Bale Karya dan Mushola Teras Sunda Cibiru
    • Bangunan utama Aula dan Amphiteater, bangunan indoor yang dipergunakan untuk berbagai jenis pertunjukan pagelaran seni yang cukup luas mungkin bisa menampung sekitar 200-250 orang, yang dibuat melingkar seperti stadium lengkap dengan kursi bertingkat.
    • Bale Gawe, bangunan yang digunakan untuk kegiatan operational Teras Sunda, saat ini digunakan sebagai kantor UPT PSKK.
    • Bale Karya, bangunan yang digunakan untuk pembuatan dan galeri pameran lukisan atau kegiatan seni kriya yang lainnya.
    • Bale Motekar, bangunan yang digunakan untuk bengkel pembuatan alat-alat musik kesenian dan tempat latihan alat musik Sunda, berbagai macam jenis alat musik sunda disediakan disini seperti bonang, angklung, degung dan sebagainya. Kerennya sahabat bisa coba langsung alat-alat musik ini.
    • Mushola, bangunan 2 lantai yang diperuntukan khusus untuk kegiatan beribadah, untuk ukuran tidak begitu besar dengan susunan lantai 1 untuk laki-laki dan lantai 2 untuk perempuan. Untuk fasilitas didalamnya lengkap ada sarung dan sejadah kondisi cukup bersih terawat.Uniknya, mushola ini dibuat semi outdoor. Sedikit pertanyaan yang terbayang kalo musim hujan apa masih aman alias gak kehujanan ?.
    • Tugu Perjuangan, monumen berupa patung bambu runcing setinggi sekitar 15m berdiri kokoh ditempat ini.
    • Toilet, fasilitas umum yang paling krusial untuk kebersihan dan kenyamanan untuk selalu mendapat perhatian lebih. Namun saat saya kesana kondisinya tergolong cukup bersih terawat.
    • Kantor RW dan Kantin, bangunan yang digunakan oleh penduduk lokal yang berada didalam area Teras Sunda Cibiru lengkap dengan kantin sederhana yang menyediakan berbagai aneka jajan warung.
    • Parkiran Indoor (Basement) dan Outdoor.
    • Difabel Accsess, jalan yang dapat dilalui oleh penyandang difabel untuk menuju tempat ini berupa jalan yang dapat dilalui oleh kursi roda.
    • Wifi, fasilitas ini bebas untuk diakses dengan speed internet yang lumayan kenceng.
    • CCTV, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saya perhatikan dibeberapa spot area terdapat fasilitas CCTV aktif.
    • Pos Satpam.
    • Pelataran, bangunan area terbuka yang sering digunakan berbagai kegiatan seni.
    Gimana, lengkap bukan fasilitasnya ?. Tentu hal tersulit adalah tentang bagaimana merawat tempat ini dan tentu saja beban ini menjadi tanggungjawab kita semua untuk bisa menjaga dan merawatnya agar kita semua bisa tetap menikmati keindahannya.

    Review terkait tempat wisata lainnya yang wajib sahabat kunjungi!


    Metode Pembayaran

    Untuk metode pembayaran di Teras Sunda Cibiru ini wajib cash/ tunai. Pembayaran sendiri biasanya terbatas hanya untuk transaksi pembelian makanan dan minum atau bayar parkir saja.

    Pelayanan Teras Sunda Cibiru

    Sejauh ini pelayanannya sangat ramah, responsif dan komunikatif (entah itu karyawan pengelola disini/ dari dinas disbudpar atau warga lokal saya kurang memperhatikan) yang menjadi catatan semoga hal ini kedepannya tidak berubah bahkan sebisa mungkin untuk lebih ditingkatkan dan dikelola secara profesional. Bila perlu ada front office atau media informasi disana, apalagi jika bercita-cita ingin memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Sunda ke kancah International.

    Kebayangkan kalau bule nanya trus pertanyaan kemana jawaban kemana ? hahahaahaaaaaa...

    Peraturan Teras Sunda Cibiru

    Peraturan yang berlaku mungkin tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lain pada umumnya. Berikut peraturan tersebut :
    • Dilarang membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan bersama.
    • Dilarang memindahkan, mengganti atau merusak properti yang disediakan.
    • Dilarang corat-coret (Vandalisme) pada fasilitas yang ada.
    • Kawasan bebas asap rokok.
    • Dilarang membawa hewan peliharaan jenis apapun kedalam lingkungan Teras Sunda Cibiru.
    • Demi kenyamanan dan keamanan bersama saling menghargai, menghormati dan bertoleransi dengan tamu yang lain.

    Berikut tips trip menuju Teras Sunda Cibiru :

    • Biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum sahabat berkunjung ke salah satu tempat/ destinasi wisata banyak sekali media yang bisa sahabat jadikan referensi, agar sahabat bisa mendapatkan informasi terbaru seperti harga tiket masuk, jam operasional, harga menu kuliner, serta reservasi tempat,dan lain-lain.
    • Pertimbangkan hari dan waktu untuk datang ketempat ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan mengingat keseruan tempat ini terdapat dari beberapa acara kegiatan pertunjukan seni dan budaya.
    • Siapkan uang cash atau tunai secukupnya dan membawa perbekalan makanan dan minuman terutama kebutuhan anak-anak.
    • Sabar untuk mengantri, demi kenyamanan bersama saling menghargai dan menghormati.
    • Persiapkan perlengkapan pribadi khususnya untuk anak-anak kita, seperti obat-obatan, kelengkapan mandi, tissue, dan lainnya), jangan lupa alat-alat elektronik kita seperti kamera digital, handphone baterai sudah terisi penuh dan berfungsi dengan baik.
    • Apabila berencana menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisi kesehatan sahabat dan kendaraan dalam keadaan fit atau layak mengingat perjalanan cukup jauh dan melelahkan serta selalu patuhi peraturan lalu lintas.
    • Bagi sahabat menggunakan kendaraan umum gunakan layanan Gocar, Grab, Uber, atau Gojeg (jika ada) yang saat ini sudah banyak beroperasi disamping pelayanan mudah tentu harga lebih murah dan sahabat tidak terlalu capek dijalan punya supir pribadi.
    • Pergunakan jasa Travel Wisata agar liburan sahabat bisa lebih efektif dan efesien, belakangan ini ada banyak Travel Wisata yang menyediakan paket-paket liburan dengan harga cukup terjangkau.
    • Hargai dan hormati adat dan budaya lokal yang ada sehingga tidak mengganggu kenyaman dan keamanan bersama.
    • Selalu menjaga kebersihan dan keamanan, utamakan berdoa dan keselamatan diatas segalanya.
    Demikian sahabat review lengkap seputar Teras Sunda Cibiru Wisata Kampung Seni Dan Budaya Jawa Barat, semoga bermanfaat... dan tunggu review saya ditempat-tempat menarik lainnya.

    #LetsGuides#LocalGuides#BandungLocalGuides
    #LocalGuidesIndonesia#PesonaIndonesia#WonderfulIndonesia


    Just The Pursuit Of Happyness,,,
    logo jejakusaja
    logo jejakusaja

    Please Share

    Artikel Lainnya Terkait Wisata

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.